Weekend Escape : Pulau Bintan

Pantai Trikora, Pantai Trikora Bintan, Pantai di Bintan, wisata di Bintan

Duluuuu banget sewaktu masih muda, ada dua tempat di Indonesia yang pengen banget saya datangi. Pertama adalah Kota Solo dan kedua adalah Pulau Bintan. Kota Solo berhasil saya datangi ketika saya masih di bangku kuliahan, sedangkan Pulau Bintan baru saja saya datangi setelah hampir dua tahun tinggal di pulau tetangganya yaitu Pulau Batam (iya saya tau saya sok sibuk, hehehe…)

Jika teman-teman membuka peta maka akan terlihat bahwa Pulau Bintan terletak persis bersebelahan dengan Pulau Batam. Pulau Bintan memiliki Bandar udaranya sendiri dan dapat langsung diakses melalui beberapa kota di Indonesia. Pulau Bintan juga memiliki beberapa pelabuhan yang menghubungkan langsung Bintan dengan Batam dan pulau-pulau sekitarnya bahkan Bintan dengan Singapura dan Malaysia.

Pulau Bintan mempunyai luas lebih dari 60.000 KM yang membuat Bintan menjadi pulau terbesar di gugusan Kepulauan Riau. Ibukotanya merupakan Tanjung Pinang dan Pulau ini menyajikan berbagai macam destinasi wisata yang sangat menarik.

Saya mengunjungi Bintan bersama dengan beberapa teman saya dan memutuskan untuk menyewa mobil untuk berkeliling pulau cantik ini karena hanya mempunyai waktu dua hari satu malam saja. Daerah pertama yang kami datangi setelah mendarat di Pulau Bintan adalah daerah Tanjung Pinang. Tanjung Pinang merupakan Ibukota Pulau Bintan, Tanjung Pinang juga merupakan pusat pemerintahan Kepulauan Riau, dengan adanya Kantor Gubernur dan kantor pemerintahan lainnya, tidak justru menjadikan Tanjung Pinang menjadi kota yang padat. Dibandingkan dengan Kota Batam, Tanjung Pinang jauh lebih sepi dan asri.

Setelah berkeliling Tanjung Pinang, kami menuju Lagoi. Lagoi terletak di bagian utara Pulau Bintan, dengan berkendara sekitar 1.5 jam dari Tanjung Pinang daerah yang dihuni oleh berbagai resort terkenal ini merupakan salah satu destinasi favorit warga negara tetangga untuk menghabiskan liburan. Di daerah ini juga terdapat pantai yang sangat cantik, area golf, dan Treasure Bay.

Untuk dapat memasuki kawasan Lagoi pengunjung diharuskan membayar sejumlah retribusi. Setelah melewati gerbang, kita akan disajikan pepohonan rindang di kanan dan kiri jalan hingga menuju kawasan resort atau tempat wisata lain di dalamnya. Kami mengarahkan mobil ke daerah Pantai Lagoi untuk beristirahat dan juga makan siang. Sesampainya di pantai, hamparan pasir putih dan juga air laut yang tenang menyapa kami dengan indahnya. Suasana pantainya memang sangat cantik, tidak heran daerah ini dilirik oleh investor asing untuk dibangun resort kelas dunia. Pada kesempatan kali itu saya tidak sempat icip-icip berenang di pantai indahnya karena kulit saya yang eksotis ini masih merasakan sedikit pedasnya matahari Maluku. :p

Selesai makan siang dan juga foto-foto sambil main pasir, kami berangkat menuju Treasure Bay. Disebut-sebut sebagai kolam renang yang terbesar di Asia Tenggara, Treasure Bay memiliki luas sekitar 6 hektar dan merupakan area bermain air yang berintegrasi dengan resort. Area kolam yang disebut sebagai Crystal Lagoon dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai pantai. Untuk masuk ke dalam Treasure Bay kita diharuskan membayar biaya masuk sebesar Rp. 100.000 yang termasuk juga di dalamnya sejumlah uang yang dapat ditukarkan untuk membeli makanan dan minuman di area Treasure Bay. Treasure Bay juga menyediakan sejumlah permainan air yang dapat dibeli secara terpisah dari tiket masuk, misalnya saja kayak, water tricycle, waterboat, dsb.

Setelah puas bermain di Treasure Bay kami melanjutkan perjalanan kami ke daerah Pantai Trikora.  Bibir pantai yang dikelilingi batu granit besar di sekitar Pantai Trikora menjadikan pantai ini sedikit banyak mirip dengan pantai yang ada di Pulau Belitung. Pantai ini juga memiliki pasir yang putih dan halus serta ombak yang cenderung tenang. Terdapat beberapa hotel berdiri di sekitar pantai, dan jika teman-teman memiliki waktu yang cukup banyak, teman-teman dapat menyewa perahu untuk menyeberang ke Pulau Beralas Pasir yang ada persis di depan Pantai Trikora untuk melakukan snorkeling.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata yang ada di Pulau Bintan, misalnya saja Pulau Penyengat yang terkenal akan Masjid Raya Sultan Riau, Hutan Mangrove, Vihara Avalokitesvara, Danau Biru dan masih banyak lagi, namun karena waktu yang terbatas saya hanya sempat mengunjungi tiga tempat di atas. But anyway, keinginan saya untuk mengunjungi Pulau Bintan kesampaian sudah, saya pasti akan mengunjunginya lagi suatu saat nanti. Buat teman-teman yang belum ke Bintan, yuk datang ke Bintan, katanya Bintan is the new Bali loh, yuk datang sebelum jadi penuh sesak atau mau datang ke Bintan sama saya? Hehehe *sokngartis*

-Rie-

 

Related posts

3 Thoughts to “Weekend Escape : Pulau Bintan”

  1. Hastira

    wah pantainya, birunya laut…wah jadi pingin nyebur

  2. akhirnya kesampaian ya mba;)

    1. Rie

      ho’oh tapi belom semuanya, ntar kalo ada waktu lamaan dikit mau nyebrang lagi 😀

Leave a Comment