Sudah Pernah ke Pantai Pok Tunggal?

Pantai di Jogjakarta, Pantai Pok Tunggal, Sunset di Pantai Pok Tunggal, camping di Pantai Pok Tunggal

Hari ini saya ingin bercerita mengenai sebuah pantai di Jogjakarta. Berbicara mengenai pantai di Jogjakarta, bukan berarti hanya terdapat Pantai Parangtritis atau Panti Depok saja. Propinsi Jogjakarta dianugerahi dengan berbagai keindahan alam termasuk pantai yang tersebar dari mulai Kulon Progo, sampai Gunung Kidul.

Beberapa waktu yang lalu saya dan beberapa orang rekan saya mengunjungi sebuah Pantai yang terletak di daerah Gunung Kidul yang bernama Pantai Pok Tunggal. Konon katanya pantai tersebut dinamakan Pok Tunggal karena tepat di tepi pantai terdapat sebuah pohon duras yang bediri kokoh. Pohon tersebulah yang mengilhami pemberian nama pantai tersebut.

Pantai Pok tunggal berada tepat di tengah-tengah antara Pantai Indrayanti dan juga Pantai Siung. Kita dapat mencapai pantai ini dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam dari pusat kota Jogjakarta. Rute perjalanan bisa ditempuh melalui Jogjakarta-Piyungan-Wonosari-Tepus-Pok Tunggal atau jika rekan-rekan sudah familiar dengan rute ke arah Pantai Baron atau Indrayanti tentunya akan lebih mudah menemukan pantai ini.

Pantai Pok Tunggal juga merupakan salah satu pantai yang sangat tepat untuk menikmati momen sunset, banyak sumber yang mengatakan bahwa pantai ini merupakan pantai terbaik untuk menikmati sunset di sepanjang jejeran pantai yang ada di Gunung Kidul. Namun, jalanan yang harus ditempuh menuju ke pantai ini masih belum terlalu bagus sehingga jika rekan-rekan berencana hanya menikmati sunset dan tidak menginap di sekitar pantai, maka harus ekstra hati-hati karena akses jalan keluar masuk pantai masih jelek dan belum ada penerangan.

Di sekitar pantai terdapat penginapan, toilet umum, tempat untuk beribadah, tempat makan bahkan tempat untuk menyewa tenda jika rekan-rekan ingin berkemah di pantai, jadi pengunjung tidak perlu khawatir mengenai fasilitas yang ada di sana.

Kami sendiri memutuskan untuk berkemah di tepi pantai, tenda serta peralatan yang lain sudah kami bawa dari Jogjakarta. Sesampainya di pantai, kami dapat memilih tempat di sekitar pantai. Menjelang sore, pengunjung mulai ramai memadati pantai untuk menikmati sunset. Kebetulan hari itu bukanlah akhir pekan sehingga pengunjung pantai tidak terlalu banyak. Menurut salah satu penjaga kios, pantai bisa sangat padat ketika akhir pekan tiba. Pantai yang landai dan bersih menjadikan pantai ini salah satu destinasi favorit untuk berkemah dan menghabiskan waktu di pantai. Jika teman-teman berkunjung ke Jogjakarta dan mempunyai waktu yang cukup banyak untuk mengunjungi pantai-pantai di sekitar Gunung Kidul, teman-teman dapat menjadikan Pantai Pok Tunggal menjadi salah satu destinasi utamanya.

 

-Rie-

Related posts

4 Thoughts to “Sudah Pernah ke Pantai Pok Tunggal?”

  1. ayo ngecamp lagi hihihi
    bakar-bakar tahu bakso :p

    1. Rie

      wkwkwkwk… yang paling enak sosis sama roti-nya euy.. :p

  2. Dulu tahun 2013 jalan ke Pok Tunggal masih sempit, jalan tanah, cuma muat dilewati satu mobil. Ngeri aja klo di tengah jalan mesti papasan sama mobil dari arah berlawanan. Kalau sekarang pas dirimu ke sini kondisinya kayak apa ya itu jalan?

    1. Rie

      ada yang masih tanah juga, tapi bisa dilewatin dua mobil sekarang walaupun mobil yang satunya harus berhenti dulu kalo ada mobil laen yang papasan.

Leave a Comment