Si Manis dari Turki

Traveling ke Turki menyisakan banyak cerita. Selain pemandangannya yang sangat indah, mas-masnya yang bikin hati meleleh hingga satu hal yang tidak bisa saya lupakan adalah makanan penutup-nya. Saya memang pecinta makanan manis dan Turki merupakan surganya. Berkat kebiasaan sebagian besar masyarakat Turki yang gemar menyantap makanan manis selesai makan makanan pokok, berbagai toko kue dengan display menarik dapat ditemukan dengan mudahnya di berbagai penjuru kota.

Berikut beberapa kudapan manis yang saya coba selagi saya traveling di Turki yang rasanya hingga kini masih terbayang-bayang:

  1. Turkish Delight

Kudapan manis dengan teksur kenyal berwarna-warni ini bisa dikatakan makanan penutup yang cukup terkenal. Berbagai acara kuliner pernah menampilkannya di dalam scene-nya. Menurut cerita, asal muasal dari Turkish Delight belum dapat ditelusuri, namun kudapan yang dalam Bahasa Turki disebut Lokum ini mengambil kata Halkum dalam Bahasa Arab yang dapat diartikan sebagai pelega tenggorokan. Bahan dasar Turkish Delight adalah tepung kanji dan gula.  Dalam beberapa variannya, kita dapat menemukan berbagai jenis Turkish Delight yang dicampur dengan bahan lainnya seperti lemon, kurma, pistachio, hazelnut dan sebagainya.

 

  1. Baklava

 

Saat pertama kali makan Baklava di Turki rasana seperti ketemu idaman hati, maknyesss banget. Konon katanya, makanan penutup ini dikembangkan di dapur kerajaan pada jaman kerajaan Turki di masa lampau. Baklava terbuat dari lapisan-lapisan pastry yang ditengah-tengahnya ditaburi kacang dengan gula dan juga madu. Tidak sulit untuk menemuka Baklava di Turki, karena sama seperti Turkish Delight, toko-toko kudapan manis yang kita temukan di jalan hampir pasti menjual Baklava. Namun jika kamu sedang berada di Istanbul dan ingin menyicipi Baklava terbaik di kota itu, datanglah ke Karakoy Gulluoglu yang letaknya tidak jauh dari Topkapi Palace. Di toko ini disajikan berbagai jenis Baklava yang katanya memiliki rasa terbaik di Istanbul. Namun jika memutuskan untuk mengunjungi toko ini, siap-siap dengan antrian yang panjang ya, karena toko ini sangat terkenal oleh masyarakat Turki.

  1. Kanafeh/Kunafa

Beberapa orang menyebut makanan ini sebagai kanafeh, ada juga yang menyebut kunafa dan knafeh tapi bagaimanapun penyebutannya yang jelas makanan ini enak banget. Saya pertama kali mencicipi kunafe di restoran timur tengah yang berada di Dubai, karena konon katanya kudapan ini berasal dari Palestina. Namun setelah sampai di Turki, ternyata kunafe juga merupakan dessert andalan negara ini.

Kunafe Turki berasal dari Kota Hatay di bagian timur Turki. Kota ini merupakan kota penghasil keju dan merupakan salah satu kota yang langsung berbatasan dengan negara Suriah. Oleh karenanya sedikit banyak budaya dan makanan yang ada di kota ini terpengaruh langsung dengan budaya timur tengah. Kunafe terbuat dari keju yang dibakar lalu direndam dalam syrup atau gula. Kunafe pun ada bermacam-macam bentuk dan jenisnya. Tapi yang saya pernah cicipi hanya kunafe soft dan crunchy. Rasanya bagaimana? Saya suka semuanya. Tekstur keju yang lembut ditambah lapisan sirup membuat perpaduan rasa dalam makanan ini sangat menarik. Perbedaan dari kedua jenis kunafe yang saya sebutkan di atas adalah tekstur isian yang ada di dalam makanan tersebut. Namun rasa keduanya sama nikmatnya.

Tiga jenis makanan di atas adalah makanan yang paling saya nikmati selama saya berada di Turki. Sebenarnya masih banyak lagi jenis makanan yang lainnya, namun yang pasti, jika kamu berkunjung ke Turki, pastikan kamu mencicipi ketiga jenis makanan di atas ya.

 

-Rie

Related posts

17 Thoughts to “Si Manis dari Turki”

  1. Turki sudah jadi negara impianku sejak dulu, duh ditambah lagi ternyata kulinernya juga sangat menarik ini, semoga bisa segera sampai ke Turki deh biar bisa merasakan langsung hehe, Amin.

    1. Rie

      amin.. semoga kesampaian bisa main ke Turki 😀

  2. Ngiler sm semuanya.
    Tapi paling pengen Kunafe.
    Duh. Jangan ngidam !
    Wkwkkwkw
    Jauh soalnya. Mesti ke turki

    1. Rie

      iyaaa… kunafe itu paling enyakk.. hehehe

  3. wah kalo saya ke turki ga cocok lidahnya, ada makanan pedas dan asin ga mb?

    1. Rie

      makanan asin ada, makanan pedas jarang si menurutku, buat orang yang gak suka pedas menurutku makanan sana ya kurang pedas mbak

  4. Setiap negara punya keunikan kulinernya. membaca tulisan ini jadi kepingin merasakan kuliner di turki

    1. Rie

      kapan-kapan dicoba mas.. enyakkk

  5. turkish delight ini bener2 variatif tapi nistanya aku nggak pernah beli cuma icip2 sana sini aja

    1. Rie

      hehehehe… dikit-dikit yang penting udah pernah nyoba mas

  6. Baklava-nya manisssss banget sampe gak tahan makannya. Saya lebih suka Turkish Delight.

    1. Rie

      aku paling suka kunafe… duh ngebayanginnya aja bikin ngiler :p

  7. Pengen banget ke Turki, baru tahu si manis2 dr Turki ini ternyata menggoda yaaa….hmmm, jadi pengen yg manis2 sayah…hehee

  8. Suka banget deh makanan turkey tapi yang asli kalau campuran kagak doyan hahaha

  9. Itu baklava dan kunafa enyak bgts ya…. Kunafa sy sdh pernah makan, manis tapi gak membosankan…. Memang bikin kangen lah… Nyannmm

  10. Aku pernah coba baklava di Inggris dan itu enak buanget. Meski aku bukan penggemar makanan manis, tapi rasa almon di pastry itu wah cuchmey bok! Semoga eyke bisa segera cicip langsung di Turki

    1. Rie

      ammin… semoga bisa segera main ke Turki ya

Leave a Comment