Sekilas Mengenai Traveling ke Kashmir

Sampai juga saya di Srinagar setelah menempuh perjalanan panjang dari Amritsar lalu melewati screening bandara yang sangat ketat di Airport Jammu. Setelah sampai di gerbang kedatangan pun saya masih harus mengisi form khusus orang asing yang mengunjungi Kashmir. Setelahnya, petugas pun masih mengikuti sampai penjemput datang menemui kami itupun sang penjemput pakai diinterogasi segala oleh petugas bandara. Pokoknya intens.

Kashmir katanya merupakan potongan surga yang jatuh ke bumi. Saking cantiknya bahkan sampai saat ini, daerah yang mayoritas penduduknya beragama muslim ini masih menjadi bahan sengketa antara India dengan Pakistan. Jadi, jangan heran jika mengunjungi Kashmir maka akan terlihat banyak tentara lengkap dengan senjata laras panjangnya berseliweran di jalan-jalan.

Kami mendarat di Srinagar dan berencana mengunjungi kota-kota sekitar dengan cara one day trip dari ibukota Kashmir ini. Agenda kami adalah mengunjungi Gulmarg dan Sonamarg, tentunya mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di dalam Kota Srinagar.

Pemandangan di Gulmarg
Penjual Kopi di atas perbukitan di Sonamarg

Satu hal yang perlu kamu ketahui ketika mengunjungi Srinagar adalah pada musim dingin, bus yang menghubungkan Srinagar dengan Gulmarg dan Sonamarg serta Pahalgam tidak tersedia, jadi mau tidak mau para turis harus menyewa taksi atau mobil pribadi untuk menjelajahinya. Biaya untuk menyewa mobil dengan kapasitas 4 orang bersama dengan jasa supir adalah berkisar 1800-2100 rupee per harinya untuk tujuan Gulmarg dan Sonamarg. Perjalanan ke dua kota tersebut masing-masing dapat ditempuh sekitar 3-4 jam sekali jalan dari Kota Srinagar. Tentunya jika kamu traveling bersama dengan beberapa orang lainnya, biaya tersebut tidak akan terasa mahal.

Berikut beberapa tips yang dapat saya bagikan jika kamu berencana untuk mengunjungi Srinagar dan sekitarnya:

  1. Selalu periksa berita terkini mengenai kondisi di Kashmir, karena situasi yang tidak menentu. Namun jangan jadikan hal tersebut sebagai penghalang kamu untuk mangunjungi Kashmir, karena secara umum pelancong yang datang akan selalu dilindungi baik oleh masyarakat lokal maupun pemerintah.

  2. Gulmarg dan Sonamarg dapat dikunjungi dengan cara one day trip dari Srinagar. Namun jika kamu ingin mengunjungi Pahalgam, sediakan waktu setidaknya 2 hari untuk menjelajahinya. Karena selain tempatnya cukup jauh dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke kota tersebut, di Pahalgam terdapat beberapa tempat menarik yang membutuhkan waktu lebih dari satu hari untuk menikmatinya. Namun tenang saja, di Pahalgam banyak juga terdapat penginapan dengan budget terjangkau kok.

  3. Terdapat banyak tempat persewaan mobil di Srinagar. Namun pastikan kamu menyewa mobil di tempat yang resmi karena pada tempat penyewaan mobil resmi terdapat list harga terstandar yang dapat kita lihat langsung. Harga tersebut dapat dijadikan patokan jika kamu lebih memilih menyewa mmobil selain di tempat resmi yang tersedia. Pada low season, kamu dapat menawar harga yang telah dipatok sehingga bisa saja mendapatkan harga yang lebih murah. Namun jika kamu menginap di hotel, beberapa hotel juga menawarkan paket kamar beserta mobil yang kadang-kadang harganya lebih murah jika dibandingkan menyewa satu-persatu.

  4. Untuk berkeliling Srinagar, kamu dapat juga menyewa mobil ataupun menyewa autorickshaw karena jarak tempat wisata yang satu dengan yang lainnya cukup jauh. Namun jika kamu memutuskan untuk menaiki autorickshaw, pastikan bahwa harga untuk menjangkau tempat yang kamu tuju telah disetujui diawal dan jangan lupa juga untuk menawar terlebih dahulu.

  5. Waktu terbaik untuk mengunjungi Kashmir adalah di Bulan Maret atau April, bahkan jika kamu datang di bulan ini, kamu dapat menyaksikan kebun tulip terbesar di Asia yang berada di Srinagar. Selain Bulan Maret dan April, kamu juga dapat berkunjung di Bulan Oktober dimana kamu dapat menyaksikan indahnya musim gugur di Kashmir. Low season di Kashmir dimulai di akhir Bulan November atau saat musim dingin tiba. Pada Bulan Januari hingga akhir Februari bahkan beberapa jalan darat menuju Srinagar ditutup karena tingginya saljju yang memenuhi jalanan.

  6. Jika ingin mencoba houseboat yang ada di Dal lake, lebih baik untuk datang langsung ke tempat yang dituju dibandingkan dengan booking online. Tanyakan kepada pemiliknya apa saja yang termasuk fasilitas yang masuk ke dalam harga sewa dan apa saja fasilitas yang tidak termasuk ke dalam harga sewa sehingga harus membayar jika menggunakannya. Pastikan juga houseboat parkir di tempat yang terlihat meyakinkan bahkan jika diperlukan tanyakan apakah houseboat tersebut terdaftar di asosiasi houseboat setempat.

Kashmir memang sangat cantik, bahkan ketika low season dimana tidak banyak orang berkunjung, kecantikannya tetap memikat hati. Saya berkunjung di akhir Bulan November dimana low season baru saja dimulai. Namun perjalanan panjang dan intens serta dingin yang menusuk kulit tidak membuat saya kapok untuk berkunjung lagi ke tanah yang disebut-sebut sebagai potongan surga ini. Semoga suatu saat saya bisa main lagi kemari ya.

Houseboat di Dal Lake, Srinagar
Sonamarg

Itulah tips-tips dari saya untuk kamu jika kamu berniat untuk menginjungi Kashmir khususnya Srinagar dan sekitarnya. Tulisan saya lainnya mengenai Kashmir akan saya posting di tulisan terpisah. Jika kamu punya pengalaman lain atau tips lainnya untuk berkunjung ke tempat cantik ini, jangan lupa tambahkan di kolom komentar ya.

-Rie-

Related posts

20 Thoughts to “Sekilas Mengenai Traveling ke Kashmir”

  1. Dengar kata Kashmir jadi ingat filmnya Shah Rukh Khan.
    Tapi, foto-foto di atas dingin semua. Tantangan yg menyenangkan 🙂

  2. Whoaaa .. bayangin berjalan seorang diri di tengah kepungan bukit dengan tebalnya salju seperti itu amazing bangeet …

    Unik juga ya ada kebun tulip terbesar se Asia disana ..

    1. Rie

      kece ya.. emang indah bangett si apalagi di Sonamarg..

      1. Kece abiiis,kak

        Beruntung kak Rie udah kesampaian travellling kesana.

  3. Baca tulisannya yang ke kashmir itu jadi kebayang deg2an pas jalan2 trus ketemu banyak tentara. Macemau perang aja.

    1. Rie

      iya si, emang banyak tentara yang jaga pas ke Kashir, tapi kalo ke kota perbatasan di India emang banyak tentaranya kok.

  4. Wow jauh sekali travelingnya, Mba. Nice ya, walau menggigil saat winter. Pastinya persiapan menghadapi winternya pun udah banyak ya, Mba 😀

    1. Rie

      iya, kemaren karena datengnya pas winter, jadi bawa perlengkapannya banyak banget..

  5. Ni kalo mau kemari mesti pake baju dingin nan tebal ghitu yah? Terus wisata kulinernya nggak di kashmir ini?

    1. Rie

      iya soale dingin… kemaren wisata kulinernya di srinagar, soale itu kota yang lumayan besarnya

  6. Wah ayo mbak kapan kapan kesana lagi..aku juga mau nabung dulu buat kesana..
    dan baru tau kalau ternyata disana juga ada tulip 😀

    1. Rie

      iyaaa.. kesana pas april atau oktober aja, pas cantik banget.. nabung dulu deh.. 🙂

  7. ifrah

    waaaah mba april masih bersalju juga??
    transportasi disana susah kah?

    1. Rie

      wah kalo April kurang tau deh, kemaren kesananya Desember awal gitu.. tapi katanya si kalo akhir maret gitu masih ada saljunya di gunung-gunungnya..

  8. Dian

    Bang bolehkah minta nomor Hp utk sewa mobil di srinagar..??

    1. Rie

      ini mbak, mas.. bukan bang.. wwkkwk… kemaren saya langsung dateng ke tempat resminya di sekitaran Dal Lake, jadi gak megang nomor hp-nya

  9. Dian Fitri

    mbak boleh tahu nginap dimana di kashmir, trus penjemputnya itu siapa ?

    terima kasih

    1. Rie

      kemaren nginap di tempat teman, jadi yang jemput ya dia, mbak..

  10. EEN SUHERNI 834898116

    Aku Ada Rencana ksana d bln januari kpingin liat salju… Apa aja yg hrs dipersiapkan mba??.. Krn winter.

    1. Rie

      bawa baju yang tebel aja mbak, soalnya cuacanya bisa minus. bawa heat pack juga kalo bisa… jangan lupa cek status keadaan disana lewat berita..

Leave a Comment