Satu Hari di Kota Bogor

Istana Bogor, Istana kepresidenan Bogor, gedung kepresidenan, kebon raya bogor, istana presiden

Sudah pernah ke Bogor? Sebagian besar Kamu pasti sudah pernah mendengar tentang kota ini, namun jika belum pernah, saya akan bercerita sedikit mengenai kota kecil di selatan Jakarta ini.

Jika kamu berkunjung ke Ibukota Negara Indonesia, Jakarta dan sudah lelah dengan hiruk pikuk kehidupan ibukota, kamu dapat merencanakan perjalanan singkat untuk berkunjung ke Kota Bogor. Secara geografis, letak Bogor adalah sekitar 60 kilometer dari Kota Jakarta. Kamu dapat menggunakan mobil pribadi, bus maupun kereta untuk menjangkau kota ini. Sebagian besar orang Indonesia menyebut Bogor sebagai Kota Hujan karena letak Bogor yang memungkinkan Bogor mendapatkan curah hujan hampir setiap harinya bahkan ketika musim kemarau. Kalau kamu hanya punya waktu di akhir pekan, menjelajah kota ini dapat dilakukan dalam waktu satu hari saja. Apa saja yang dapat kamu lakukan di Bogor selama satu hari? Ini cerita saya.

  1. Menjelajah Kebun Raya Bogor.

    Kebon Raya Bogor atau Bogor BotanicalΒ Garden terletak di tengah-tengah kota Bogor. Area seluas 87 hektar ini menjadi rumah bagi sekitar 15000 tanaman. Di sekitar Kebun Raya ini terdapat juga beberapa museum seperti Museum Zoologi Bogor, Museum Nasional Sejarah Alam dan juga Istana Bogor.

    Konon katanya, Kebon Raya Bogor pertama kali diciptakan pada masa Prabu Siliwangi di tahun 1400-an, namun secara resmi, Kebun Raya Bogor dibuat pada sekitar tahun 1800-an di masa pemerintahan Thomas Stamford Raffles yang memiliki minat yang besar terhadap Botani dan ingin mejadikan halaman Istana Bogor menjadi taman yang cantik. Saat ini, Kebun Raya Bogor menarik banyak minat masyarakat untuk mengunjunginya terutama ketika akhir pekan. Dengan harga tiket sekitar Rp.14000 untuk orang lokal dan Rp. 25000 untuk turis asing, kamu dapat menikmati berbagai keindahan tanaman yang ada di dalam Kebun Raya Bogor.

  2. Mengunjungi Istana Bogor

    Istana Kepresidenan Bogor merupakan salah satu dari beberapa istana presiden yang ada di seluruh Indonesia. Di sekitar area halaman istana juga terdapat ratusan rusa yang didatangkan langsung dari Nepal yang keberadaaanya masih terpelihara hingga sekarang. Istana Bogor dapat dikunjungi oleh umum secara rombongan jika sebelumnya rombongan tersebut sudah mendapatkan ijin dari Sekretariat Negara. Namun jika tidak ingin repot mengurus administrasi kunjungan ke istana ini, kamu juga dapt mengunjungi istana ini pada saat ulang tahun Bogor setiap Bulan Juli karena istana tersebut akan dibuka untuk umum selama seminggu penuh.

  3. Mencicipi berbagai kuliner dan jajanan.

    Selain wisata alam, kita juga dapat melakukan wisata kuliner di Bogor. Terdapat banyak jajanan pasar yang β€œmangkal” di pinggir-pinggir jalan. Banyak juga kafe-kafe dan restaurant dengan tempat yang sangat nyaman dan makanan yang enak juga tersedia di berbagai penjuru Kota Bogor. Mulai dari Soto Bogor, Toge Goreng, Surabi, dsb. Favorite saya ketika mengunjungi Bogor adalah Doclang atau Kupat Tahu, Kue Tete, dan Kedai Kita yang menyajikan berbagai macam pizza bakar, jus segar dan juga pasta.

Selain 3 hal di atas, terdapat juga beberapa hal yang dapat kamu lakukan di Bogor misalnya mengunjungi pabrik pembuatan gong, mengunjungi Pura Parahyangan Agung Jagatkarta, menikmati taman air Jungeland dan mengunjungi beberapa museum yang ada di Kota Bogor atau melipir ke curug atau air terjun yang ada di pinggiran Kota Bogor.

Sedikit tips dari saya jika hanya punya waktu satu hari saja untuk berkunjung ke kota ini dari Jakarta, yaitu:

  • Berangkatlah pagi-pagi dengan menggunakan kereta. Kamu dapat berangkat dari stasiun Kota, Manggarai ataupun Jatinegara. Stasiun Bogor merupakan stasiun akhir jika kamu berniat untuk berkunjung ke kota ini. dengan menggunakan kereta kamu juga akan terhindar dengan kemungkinan macet yang ada di perjalanan.

  • Jangan lupa membawa payung atau jas hujan, karena cuaca di Bogor tidak menentu ada baiknya kamu mempersiapkan diri untuk menghadapi segala jenis cuaca, bukan?

  • Jika ingin mencicipi jajanan di pinggir jalan, pastikan sekitar tempat tersebut bersih. Kita tidak ingin kan setelah liburan malah terserang penyakit.

  • Jika kamu menaiki angkot untuk berkunjung ke satu tempat, pastikan kamu bertanya dulu kepada sang supir angkot apakah angkutan tersebut melewati tujuan yang ingin kita capai. Hal ini karena di Bogor, banyak sekali jenis angkutan umum yang berseliweran di jalan-jalan.

  • Jika ingin mengunjungi curug atau air terjun yang ada di pinggir kota Bogor, saya sarankan untuk menginap karena lokasi curug-curug tersebut cukup jauh dari kota Bogor, penginapan di Kota Bogor sendiri tersebar di berbagai tempat mulai dari harga yang murah hingga cukup mahal.

Demikian tulisan saya mengenai satu hari di Kota Bogor, semoga bermanfaat untuk kamu merencanakan liburan selanjutnya di Kota ini ya.

-Rie-

Related posts

27 Thoughts to “Satu Hari di Kota Bogor”

  1. Alhamdulillah suami orang Bogor jadi pulang kampung sering ke sini. Dulu sewaktu SD juga sering main ke rumah Uwa (Kakak dari Bapak) di Parung Bogor. Seru banyak pohon rambutan dan jengkol hehe.

    1. Rie

      wah ternyata, baru tau saya πŸ˜€
      iya mbak, yang asik di Bogor banyak pohonnya jadi adem rasanya..

  2. Iya kdang bingung mo kemana kalo lagi dijakarta, pilihan minimal yng deket ya ke bogor. Saya pernah ke kebun raya, jalannya jam 12 malam. Menjelang sampe di kebun raya saya tidur di bukit bintang, tidur sambil menyaksikan bintang-bintang.

    1. Rie

      wah aku malah baru tahu kalau kebun raya buka-nya 24 jam. πŸ˜€ kayanya seru tuh jalan malam-malan gitu ya…

  3. Curug di Bogor emang jauh-jauh, tapi ada satu lokasi yang curugnya ada beberapa, lupa sih namanya, curug seribu ya?

    1. Rie

      belom pernah ke curug nya karena jauh-jauh kaakkk… kalau udah nyoba ntar aku tulis lagi πŸ˜€

  4. Dulu pernah ke Bogor dan sejuuuuk sekali kotanya. Enak buat jalan jajan. Cuma memang banyak angkot yaa. harus bekal rute angkot kalau memang mau tour pake angkot di bogor..

    1. Rie

      Iya kak.. Bogor juga dikenal sebagai Kota Angkot karena angkotnya banyak banget.. tapi suka banget disana, ademmmm…

  5. Tak melulu ke luar negeri ya utk liburan seru nan bahagia. Bogor pun kece.

    Btw baca2 blog nya destinasi wisata yg udah pernah di tuju kereeen kereeen sekali kaaaaakaaaak.
    Mupeng deh !

    1. Rie

      Iya. Bogor deket juga dari Jakarta, bisa jadi tujuan weekend escape.
      Hehhee… baru ngabur lumayan lama kemaren jadi bahannya banyak πŸ˜€

  6. duh kangen banget sama kenangan indah di bogor

    hawa sejuk, banyak tumbuhan dan pohon yang rindang

    kemudian makanan masih murah

    banyak hal yang menarik yang bisa kita jumpai di bogor

    kapan ya bisa ke bogor lagi?

    1. Rie

      makanannya murah dan enak. ayo mas kapan-kapan main lagi ke Bogor πŸ™‚

  7. blm pernah ke bogor
    cuma lewat aja
    padahal sering ke jakarta
    tp udah ada rencana untuk jelajah bogor klu nti ada liburan

    1. Rie

      sippp… kalau udah ke Jakarta, jangan lupa mampir ke Bogor.. πŸ™‚

  8. Kalau ke Bogor gak jauh dari kebun raya dan kebun binatangnya. Hehe

    1. Rie

      iya soale yang terkenal itu ya πŸ˜€

  9. bisa naik krl ternyata? jadi minggu lalu itu saya ke tangerang naik krl untuk pertama kalinya, Masih linglung karena pertama kali.

    Kalau krl bisa menjangkau bogor, nampaknya bisa disemeptin nih main ke Bogor,

    Beberapa catatannya akan saya ingat, terutama soal payung.

    1. Rie

      iya udah bisa naik KRL, bahkan ada beberapa transjakarta juga yang mampir kesini.sekarang udah enak dan bebas macet deh kalau ke Bogor πŸ™‚

  10. AK suka ke bogor, adem. Suka juga ke kebun Rayanya gak mau pulang.. Betah dgn yg hijau2

    1. Rie

      iya, jarang-jarang ya ada gituan di tempat lain..

  11. Belum pernah ke Bogor. Banyak yang mesti dikunjungi nih. Makasih sharingnya.

    1. Rie

      sama-sama πŸ™‚

  12. Saya kalau lagi bosen dengan suasana Jakarta, biasanya langsung cus naik kereta ke Bogor lalu ke Kebun Raya. Belum pernah menjelajah jauh sampai ke curug, sih, mungkin nanti kalau balik ke Jakarta dan ada waktu luang mau coba menjelajah Bogor πŸ˜€

    1. Rie

      iya sekarang udah enak ya, naik kereta langsung nyampe tanpa macet-macetan

  13. Iya, saat ke Bogor, mampir ke Kebun Raya Bogor wajib ya, tempatnya adem euy. Bagus juga buat tempat foto2 ya

    1. Rie

      iya.. suka benget kesana apalagi kalau masih pagi… ademmm

  14. malah slfok sama jajanan jajanan nyaa hhaha

Leave a Comment