Pengalaman Safari Desert di Dubai

Ketika saya memutuskan untuk mengunjungi Dubai, Uni Emirat Arab, saya yakin sekali untuk mencoba Safari Desert. Seumur-umur saya belum pernah main ke gurun, walaupun sebelum mampir ke UEA saya singgah di Jaisalmer yang terkenal dengan gurun-nya namun saya menahan diri untuk mencoba safari desert sampai saya tiba di Dubai.

Sebelum tiba di Dubai, saya sudah mencari info disana-sini untuk mendapatkan gambaran mengenai kegiatannya dan juga harga yang dipatok oleh operator yang menyediakan jasa safari desert tersebut. Bahkan beberapa teman saya di Abudhabi juga memberikan sedikit banyak informasi mengenai jenis tour ini hingga perbandingan harga tour di Abudhabi dan Dubai. Akhirnya setelah saya tiba di Dubai dan check-in di hostel yang saya pilih, saya meminta petugas hostel untuk memesankan paket safari desert yang disediakan hostel untuk saya.

Paket safari desert yang tersedia di berbagai tour operator ada beberapa jenis, ada yang menyediakan paket sunset dan juga paket overnight. Untuk paket sunset, kegiatan akan dilakukan mulai pukul 3 sore hingga sekitar jam 9 di malam hari. sedangkan untuk paket overnight, peserta akan menginap di gurun semalaman hingga keesokan harinya di tenda-tenda yang disediakan oleh operator. Kedua paket tentunya dibanderol dengan harga yang berbeda-beda dan jenis overnight safari ditawarkan dengan harga yang lebih mahal dibandingkang dengan paket sunset.

Saya memutuskan untuk mengambil paket sunset dengan alasan paket overnight akan lebih romantis dan menyenangkan jika dilakukan bersama pasangan  penghematan. Hehehe.

Paket sunset yang saya ambil dibanderol dengan harga 27 USD atau sekitar 80 UAD saat itu tanpa meggunakan jemputan di hostel. Kita harus menambah sekitar 20 UAD lagi jika mau dijemput dari hostel ke meeting point yang telah disediakan. Namun karena lokasi meeting point berada sangat dekat dengan hostel, maka saya memilih untuk berjalan kaki saja ke meeting point yang telah ditentukan. Di dalam paket desert safari yang saya ambil, setiap peserta akan mendapatkan fasilitas antar-jemput ke gurun dari meeting point dengan menggunakan van, sand bash dengan menggunakan jeep, gratis mengendarai unta dan berfoto di gurun, snack, minuman dan juga makan malam, gratis henna dan sisha, sand boarding dan juga pertunjukan tari-tarian yang disiapkan oleh organizer.

Meeting point ditentukan di daerah sekitar Burjuman pada pukul 3 sore, peserta yang sudah memesan paket tour akan diinformasikan nomor handphone dari sang supir van beserta plat nomor van yang ditugaskan untuk menjemput peserta agar tidak membingungkan. Setelah semua peserta berkumpul dan menemukan van yang telah ditentukan, sang supir mengantar kami hingga ke pinggiran gurun yang berjarak sekitar 45 menit dari pusat kota Dubai. Sampai di pinggir gurun, kami dijemput kembali menggunakan jeep untuk menuju camp yang telah disiapkan. Sampai di camp, kami diberikan waktu untuk menikmati gurun dan sunset masing-masing, organizer juga telah menyiapkan tempat foto serta kostum, tempat untuk menggambar henna, unta dan beberapa permainan berbayar untuk dinikmati peserta tour. Saat matahari telah terbenam para peserta dipersilahkan untuk duduk di dalam camp untuk menikmati tari-tarian. Terdapat beberapa tarian yang telah disiapkan penyelenggara, mulai dari belly dance hingga tari-tarian menggunakan api.

tempat duduk di dalam camp

Makanan dan snack dibagikan kepada peserta tour secara prasmanan dan peserta dapat menikmati makanan sambil menyaksikan tari-tarian yang ada di panggung. Sekitar pukul 9 malam, acara berakhir dan peserta diarahkan menuju mobil kecil yang akan membawa peserta ke pinggiran gurun dan dilanjutkan menggunakan van menuju meeting point awal.

Pengalaman safari desert yang saya rasakan cukup menyenangkan, namun karena saat itu saya saya sendirian alias solo traveling, di awal cukup terasa membosankan karena semua orang yang mengikuti trip datang Bersama keluarga, teman maupun pasangan. namun stelah saya berkenalan dengan beberapa orang, trip terasa jauh lebih menyenangkan. Berikut beberapa tips yang bisa saya berikan untuk mengikuti safari desert di Dubai:

  1. Cobalah untuk mengecek beberapa situs yang menyediakan tour ini, karena beberapa orang yang saya temui di camp mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan tour yang saya booking dari hostel.
  2. Suasana camp cukup ramai, rekan saya di Abudhabi mengatakan bahwa safari lewat Abudhabi lebih sepi dibandingkan dari safari lewat Dubai namun harganya lebih tinggi dibandingkan yang ditawarkan di Dubai. Jika ingin safari yang lebih sepi, kamu dapat mencobanya juga di Abudhabi.
  3. Catat plat nomor van dan nomor handphone driver agar tidak kebingungan saat di meeting point.
  4. Jangan lupa membawa jaket, karena walaupun di Dubai cuaca cenderung panas, menjelang malam cuaca di gurun cukup berangin dan dingin.
  5. Jangan takut untuk berkenalan dengan orang baru terutama jika datang ke safari ini sendirian.
  6. Jangan lupa gunakan sunscreen sebelum berangkat ke gurun.
  7. Jangan lupa minum. Dan bawalah air minum yang cukup dari hotel atau tempat menginap.

Demikian cerita pengalaman saya ketika mencoba safari desert di Dubai. Menurut saya pengalaman ini layak dicoba loh.  Next time saya ingin datang lagi untuk mencoba safari yang overnight. Pengalamannya pasti sangat berbeda dibandingkan dengan safari yang sunset kan. Kalau suatu saat kamu berkesempatan untuk nyobain safari desert, kamu akan milih yang overnight atau yang sunset?

 

-Rie-

 

Related posts

10 Thoughts to “Pengalaman Safari Desert di Dubai”

  1. Seru banget sihh kk, jalan2 ke Dubai…
    Oh, di sana kalau siang panas, kalau malam ckup dingin yaa kak…

    1. Rie

      iya.. humid banget juga si… tapi kalo pas lagi winter lumayan adem lah dubai..

  2. sepertrinua dubai inimenyenangkan ya… masuk jadi bujet list tempat traveliing impian

    1. Rie

      ho’oh kak.. tapi ya mayan mihil ya disana.. hihihi

  3. Wooww.. Kereenn.. Itu yg sunset tp br jalan2nya jam 9? Brp lama kak safari dessertnya?
    Aku sneng dnger ceritanya..tp klo nyoba sndiri kyknya blm minat (red: ga berani dan ga ada duit..wkwk..)

    1. Rie

      yang sunset jalannya jam 3 kak, sampai jam 9. kira-kira 6 jam lah disananya.. seruuu 🙂

  4. Dubai memang terkenal negara yang super mahal ya kak… Langsung baper jadi nggak ya kesana hahaha…. Keren sekali pengalaman na kak, jadi nambah info

    1. Rie

      jadiin aja kak 😀

  5. Duuuhh…Dubai, kapan bisa ke sana ya? halan-halan di gurun pasir p[asti seru kali ya.

    1. Rie

      semoga bisa ke Dubai juga ya mbak 😀

Leave a Comment