Nikmatnya Makan Kulcha di Amritsar

Amritsari Kulcha India, Kulcha, India, wisara kuliner india, makanan khas india

Kata orang India, makanan Punjab yang paling enak seantero negeri. Nampaknya saya sependapat dengan hal tersebut. Selain jalebi (tulisan saya yang ini bisa dilihat disini), Chicken tandoori, dan Amritsari Kulcha merupakan makanan yang sampai saat ini saya pengen coba lagi dan lagi. Jika mengunjungi Amritsar, teman-teman dapat mencoba kulcha di berbagai sudut kota.

Kebetulan, beberapa ratus meter dari tempat kami tinggal, terdapat tempat penjual kulcha yang katanya paling enak di Amritsar. Jadilah suatu pagi kami berangkat ke tempat itu untuk mencicipi jajanan lokal tersebut. Seperti biasa kami menggunakan bahasa isyarat untuk memesan makanannya karena sang penjual tidak dapat berbicara bahasa inggris.

“Two…here…” kata kami, dijawab dengan “Okay…” dari si penjual seraya menunjuk tempat duduk kosong yang ada di pojokan kios. Tidak lama setelah kami duduk, sang pelayan membawakan dua buah porsi Amritsari Kulcha.

Dilihat dari bentuk dan asal-usulnya, kulcha merupakan naan (roti khas India) yang diisi dengan kentang atau sayuran dan digoreng hingga garing serta disajikan dengan mentega yang meleleh di atasnya. Sebagai pelengkap, kulcha juga disajikan dengan lentil dan juga pickle.

Sejarah asalnya kulcha berasal dari Bangsa Mughal yang pada saat itu sering memasukkan sayur-sayuran ke dalam naan. Rasanya sangat gurih dan enak sehingga konon katanya kulcha menjadi roti resmi untuk sarapan atau makan siang ketika Shah Jehan menjadi raja di masanya.

Dua buha porsi kulcha yang disajikan kepada kami sangat menggoda dan terlihat sangat nikmat. Lelehan mentega di atas potongan kulcha tidak membuat kesan crispy pada kulcha menjadi berkurang. Rasanya sangat gurih, garing di luar dan empuk di dalamnya. Super! Tambahan lentil dan juga pickle yang disajikan menambah kenikmatan dari potongan roti tersebut. Kami menghabiskan kulcha cukup cepat karena kebetulan kami juga belum sarapan pagi itu.

Selesai menghabiskan kulcha, seorang waiter yang cukup berumur datang menghampiri kami sambil tersenyum dan mengacungkan jempol. Kami yang mengira bapak tersebut bertanya mengenai rasa kulcha pun mengangguk dengan antusias, si Bapak pergi dan beberapa detik kemudian datang membawa dua buah botol soda bermerk “thumbs up”. Saya dan sabrina pandang-pandangan lalu tertawa terbahak-bahak. Oalah pak, disangka mau bertanya mengenai rasanya kok malah dikasi soda lokal.

Mengenai harga, tidak usah ditanya, secara umum harga makanan di India sangat murah. Dua buah Amritsari kulcha beserta minum hanya dihargai sebesar 60 rupee saja. Sangat murah kan?

Sama seperti jalebi dan chicken tandoori, kulcha juga dapat ditemukan di berbagai tempat di India. Namun prinsip saya adalah, jajanan di tempat asalnya selalu jauh lebih enak dibandingkan di tempat lainnya.

Sedang berada di India atau mau berkunjung ke Amritsar atau mau mencoba menu baru di Restoran India terdekat? Jangan lupa masukkan Kulcha ke menu yangg kamu pesan ya.

-Rie-

Related posts

3 Thoughts to “Nikmatnya Makan Kulcha di Amritsar”

  1. Mymasumar

    I can’t understand ☹️

  2. Wah mantap ya, Mba. Jalan2 tentu nggak lepas dari icip2 kulinernya ya. Pikir saya itu roti cane kari pas lihat fotonya, haha… Duh jadi ngakak, gara2 ngangguk dibawain botol soda, hahah…

    1. Rie

      iya mirip-mirip roti cane, tapi ada isinya gitu… lebih gurih dari roti cane deh…

Leave a Comment