Menjelajahi Kemegahan Baekje Cultural Land di Buyeo

Sebelum berangkat ke Korea Selatan di awal tahun 2017 yang lalu, saya menyempatkan diri untuk riset kecil-kecilan terlebih dahulu terutama tentang kta-kota yang akan saya datangi. Saya memang tidak hanya akan menjelajah ibukota negara ini saja kali ini, namun juga akan berkunjung ke Busan, Jeonju dan Buyeo.

Banyak orang pernah mendengar Busan dan Jeonju, namun hanya sedikit orang yang tahu tentang Buyeo, bahkan seorang teman saya yang berkebangsaan Korea Selatan saja tidak tahu dimana Buyeo berada. Keinginan saya untuk mengunjungi kota ini sebenarnya berawal dari sebuah drama korea yang saya tonton beberapa saat sebelum saya berangkat yang berjudul Scarlet Heart. Latar belakang cerita drama tersebut diambil di Buyeo yang pada saat itu merupakan ibukota dari Baekje salah satu bangsa di jaman 3 kerajaan, karena keindahan bangunan dan cerita drama yang sangat menarik, akhirnya saya mulai mencari tahu mengenai lokasi beberapa pengambilan gambar di drama itu hingga akhirnya memutuskan untuk mengunjungi Baekje Cultural Land di Buyeo sebagai salah satu destinasi yang akan saya kunjungi ketika saya berada di Korea Selatan.

baekje historical complex, buyeo, baekje gaeksa
Baekjae Historical complex

Belum banyak informasi yang menerangkan transportasi untuk menjangkau kota ini terlebih jika berangkat kesana bukan dari Seoul. Saya berangkat melewati jalur selatan karena sebelum menjelajah Buyeo saya akan berkunjung ke Jeonju terlebih dahulu. Dari Jeonju menuju Buyeo tidak ada transportasi langsung yang menghubungkan kedua kota itu, jadi dari Jeonju saya harus menaiki bus menuju Daegu terlebih dahulu lalu menyambung bus lagi dari Daegu menuju Buyeo. Namun jika kamu berangkat ke Buyeo dari Seoul, terdapat bus yang langsung menghubungkan Seoul dengan Buyeo dengan lama perjalanan sekitar 4 jam dari Terminal Nambu di bagian selatan Seoul.

Buyeo memang kota yang kecil, beberapa lokasi wisata dapat dijangkau dengan berjalan kaki. Terdapat pula tourist information centre dimana staff-nya dapat berbicara bahasa inggris dengan sangat baik, dan terdapat tempat penitipan tas di dalam tourist information centre tersebut. Karena keterbatasan waktu, kami menaiki taksi dari terminal bus ke Baekje Cultural Land, dan tidak lupa meminta nomor handphone sang supir untuk menjemput kami setelah kami selesai karena di sekitar Cultural Land sangat jarang ditemukan taksi.

Baekje Cultural Land terletak 10 menit berkendara dari pusat Kota Buyeo, berbagai bangunan dibangun di atas tanah seluas 3,2 juta meter persegi ini yang menggambarkan kejayaan pada masa pemerintahan 3 kerajaan di masa lampau. Bangunan tersebut antara lain Sabigung Palace, Neungsa Temple, Five Story Stone Pagoda, Daetongmun Gate dan Wiryeosong Fortress. Di dalam kompleks ini juga terdapat beberapa makan serta Living Cultural Museum dimana kita dapat melihat keseharian masyarakat pada kala itu dan terdapat juga Baekje History and Cultural Museum tepat di samping kompleks Baekje Cultural Land.

Bakje Palace, Baekje, Historica complex
Baekje Historical Complex

 

Five Story Stones Pagoda

 

Teman saya berpose di Living Cultural Museum

Untuk masuk ke dalam kompleks ini kita diharuskan membayar tiket sebesar KRW 4000 untuk menjelajah keseluruhan kompleks, dan KRW 5500 untuk menjelajah kompleks bersama dengan museumnya. Tempat ini sangat luas, jika ingin menjelajah keseluruhannya dibutuhkan waktu kurang lebih setengah hari. Bagian favorite saya dari keseluruhan kompleks ini adalah Five Story Stone Pagoda, ceritanya di dalam Drama Scarlet Heart pagoda ini adalah tempat tinggal Pangeran Wang So. Pengennya datang kesini terus tiba-tiba Aktor Lee Joon-Gi muncul gitu, mimpi kali yee… tapi gak papa, saya sudah senang kok bisa melihat pagoda ini.

Karena waktu yang sangat terbatas, saya hanya menjelajah Baekje Cultural Land serta Museum saja di Buyeo, padahal masih ada beberapa tempat wisata menarik lainnya yang ada di kota ini. Namun seperti traveling sebelum-sebelumnya, harus ada yang disisakan supaya suatu saat ada alasan untuk kembali kesini. Ihiy…

jadi siapa mau main ke Korea Selatan? Jangan lupa berkunjung ke Buyeo ya.

-Rie-

Related posts

24 Thoughts to “Menjelajahi Kemegahan Baekje Cultural Land di Buyeo”

  1. Salut ya, mereka masih bisa menyelamatkan bangunan-bangunan bersejarahnya hingga bisa kita saksikan hingga sekarang. Istana-istana kerajaan di Indonesia bahkan tak ada yang berbekas sama sekali. Membuat kita hilang dan putus kontak dengan sejarah awal negeri ini di masa lalu.

    1. Rie

      kebanyakan dari mereka punya juga gak original si, tapi based on original. tapi tetep aja keren banget karena detail-detail yang ditampilin di strukturnya keren abis…

  2. keren ya baekje yang terletak di buyeo
    nuansa kerajaan yang luar biasa pemandangan indah

  3. Alumi Ulum

    Drakor memang menarik untuk di ikuti ceritanya……. apalagi melihat langsung lokasi pengambilan gambar nya….. berasa hidup dimasa lampau. cmiww

    1. Rie

      iya.. berasa sotoy juga trus ngoceh “eh kalo kemaren di draa begini loh.. kalo di drama begitu loh…. hahaha *curcol :p

  4. Rya

    lokasinya keren banget, apalagi pagodanya… kapan ya bisa kesana…

    1. Rie

      sepakat. pagodanya emang keren banget

  5. Wah keren nih, nuansa kerajaan yang luar biasa pemandangannya keceh dan penuh akan sejarah

    1. Rie

      megah dan mewah banget ya keliatannya mas…

  6. Ira Sandae

    Ya ampun korea…
    Ini salah satu list mimpi aku loh mbak… bisa kesini.

    Aku salut lah sama mereka…
    Dan patut dicontoh sama kita bagaiman mrka bs mnja warisan budayanya
    Ah kece

    1. Rie

      semoga mimpinya ke Korea bisa kesampean ya, jadi bisa lihat langsung 🙂

  7. Kalau aku kak, suka banget nonton film kerajaan korea. Mungkin karena tempat lokasi yang dijadikan tempat shootnya emang keren.

    1. Rie

      sama. aku suka banget detail arsitekturnya… keren banget..

  8. Aku juga baru denger ini nama tempat, Buyeo. Nice info biar nambah dikit pengetahuan, hehe..

  9. Korea mank unik ya dan menarik untuk di telusuri. Rasanya bahagia ya kalau bisa melihat secara langsung

    1. Rie

      iya. kemaren pas baru sampe sini rasanya langsung bahagia banget… mihihi

      1. apalagi karena drama dan begitu lihat nyata pasti semakin jatuh cinta hihihi

  10. Baru denger kak Buyeo.
    Lebih sering denger busan.
    Apalagi ada film gong Yoo.
    Train to Busan.
    Hahahhaha

    Jd penasaran sama drakor Scarlet Heart

    1. Rie

      iya, emang jarang banget terekspose, makanya kemaren nyari info buat kesini susah bingit…tonton deh dramanya, bagusss 😀

  11. Ai korea korea … buat ngiler aja udah melancong ke korea.
    Lain kali kalau nak Melancong ajak ajak kami dong.
    Di tunggu ajakannya… http://www.melancongcoy.com

    1. Rie

      ehehehe… ngajak doank mah gampang, eksekusinya yang susah :p

  12. Wow… masih cakep banget ya persis kaya di film The scarlet Heart
    Kamu penggemar Drakor juga? toss!!!

    oh ya, kurs 1KRW berapaan ya skrg?

    1. Rie

      gak terlalu sering nonton juga si, kadang-kadang aja soale takut nyandu.. haha…
      KRW kalo gak salah 11.8 deh.. lupa euy belom ngecek lagi..

Leave a Comment