Menjelajahi Keindahan Sonamarg dalam Satu Hari

Pagi itu kami sudah berdiri cantik di depan Rumah Sakit Rainawari, Srinagar. Kebetulan kami punya janji untuk pergi bersama ke Sonamarg dengan salah satu teman kami yang kebetulan berkebangsaan India. Kami hanya celingak-celinguk sambal mengandalkan insting untuk menebak-nebak dimana teman kami parkir, maklum saat itu kami tidak memiliki koneksi internet karena belum memiliki simcard lokal. Oiya terkait simcard ini, perlu diketahui juga bahwa simcard yang kamu beli di luar Kashmir tidak dapat digunakan di dalam area Kashmir begitu juga sebaliknya. Dalam kasus ini, kami belum membeli simcard sama sekali.

Baca Juga:  Balada mencari simcard di India

Beberapa saat kemudian akhirnya ketemu juga teman yang kami tunggu-tunggu, tidak perlu menunggu waktu lama, kami langsung masuk ke mobil dan bergegas menuju Sonamarg. Jarak antara Srinagar dan Sonamarg dapat ditempuh kurang lebih 3 jam, pemandangan antara kedua kota itu sangaaaaattt indah. Hamparan gunung diselimuti salju serta sungai-sungai di sisi jalan yang membuat langsung teringat adegan-adegan film Bollywood, apalagi sang supir mengatakan bahwa Shah Rukh Khan pernah shooting salah satu film-nya di daerah tersebut, langsung deh pikiran saya membayangkan adegan-adegan dalam film-nya.

Pemandangan dari sepanjang perjalanan

Sekitar tiga jam kemudian kami sampai di Sonamarg. Suasana sepi, hanya ada beberapa turis lokal di sekitar area. Tak lama setelah kami keluar dari mobil, muncullah beberapa penjaja jasa tunggangan kuda menghampiri kami. Dari awal memang kami sama sekali tidak berniat untuk menyewa jasa tersebut, karena selain menghemat, kami merasa kasihan dengan si kuda. Hehehe.. namun setelah mendaki sedikit dan katanya perjalanan masih jauh serta sang penjual tidak kunjung pergi akhirnya kami pun menyewa 3 kuda itupun setelah ditawar cukup banyak.

Kawasan Sonamarg memang terkenal dengan glacier, lembah dan danau-nya. Jangan mengharapkan adanya mall atau bangunan megah museum di kota ini. Bahkan bangunan rumah penduduk saja jarang terlihat di sekitar kawasan wisata yang kami datangi. Jika kamu datang pada musim dingin, hamparan gunung terlihat diselimuti dengan salju. Namun katanya, tempat itu bahkan lebih indah pada musim semi, karena kita juga dapat mengunjungi danau dan hamparan rumput yang luas dan indah dihiasi dengan berbagai bunga.

Tiga kuda yang kami tunggangi dituntun oleh tiga orang pemuda yang bertugas mendampingi sekaligus sebagai juru foto. Kami berjalan melalui jalan setapak menuju glacier yang katanya ada di ujung sana, ujung mana saya juga tidak tahu saat itu. Di tengah perjalanan, kami berhenti sejenak di tenda yang menjual kopi dan mie instan. Campuran udara dingin, pemandangan spektakuler dan juga rasa lapar, mie instan dan kopi yang disajikan oleh penjual terasa sangat nikmat.

Penjual kopi dan makanan ringan berlatar pegunungan

Puas dengan sajian yang kami nikmati di tengah keindahan Sonamarg, kami pun melanjutkan perjalanan. Sesekali sang pendamping kuda mengatakan mengenai siapa saja artis Bollywood yang sering datang ke tempat itu ataupun melakukan shooting film disana. Tidak mengherankan tentunya, karena tempat itu sangatlah indah. Tak jauh dari tempat kami makan, terdapat sebuah dataran luas yang di sekitarnya terdapat penyewa jasa ATV yang bisa disewa untuk berkeliling kawasan itu. Beberapa menit kemudian akhirnya kami sampai di glacier yang dijanjikan oleh sang pemandu.

Hamparan es di tempat kami berhenti cukup luas, tak jauh dari sana terdapat sungai yang airnya jernih mengalir dengan derasnya. Di kejauhan terdapat bangunan kecil yang katanya merupakan mushala tempat orang-orang dapat shalat didalamnya, namun pada musim dingin ini mushala tersebut tidak dapat digunakan. Dekat dari sungai tempat kami berhenti juga terdapat tenda yang menjual makanan ringan, beberapa pengunjung tampak sedang menikmati kopi dan teh yang disajikan oleh penjajanya.

Mau ke Kashmir? Baca juga tips perjalanan menjelajah Kashmir ini

Puas  dengan pemandangannya dan juga beberapa foto, kamipun menaiki kuda kami untuk kembali ke tempat awal. Kami tak henti-hentinya mengagumi keindahan pegunungan dan lembah yang diselimuti salju. Setengah hari rasanya tidak cukup untuk memandangi keindahan Kawasan ini, namun karena dingin sudah menusuk sampai ke jari-jari, akhirnya kami merelakan untuk duduk kembali di dalam jok mobil kami untuk kembali menuju Srinagar. Lain kali, saya akan kembali ke Sonamarg tentunya pada musim semi untuk melihat wajah lain dari kawasan indah di propinsi Kashmir ini. Tetapi jika kamu memang berencana untuk datang pada musim dingin, jangan lupa gunakan pakaian yang cukup tebal ya, supaya perjalanan kamu tetap nyaman dan nyaman.