Menikmati birunya Trilye, kota pelabuhan di Selatan Bursa

Istanbul masih menjadi daya tarik yang kuat bagi hampir semua orang yang berkunjung ke Turki. Namun kota-kota sekitar Istanbul juga tidak kalah menarik, selain itu, beberapa diantaranya dapat kita tempuh dalam waktu 1-2 jam saja sehingga kita dapat melakukan one day trip dari Istanbul ke kota-kota sekitarnya. Seperti yang saya lakukan pada hari terakhir saya berada di Turki.

Sudah hampir satu bulan saya berada di Turki dan beberapa hari terakhir saya menghabiskan waktu di Istanbul. Namun karena tergoda oleh ajakan seorang teman, akhirya saya memutuskan untuk mengunjungi Bursa. Bursa merupakan salah satu kota terdekat dari Istanbul. Kota yang pernah menjadi pusat pemerintahan Ottoman selama beberapa tahun ini menyimpan banyak sekali tempat menarik di dalamnya. Untuk mencapai Bursa, kita dapat menggunakan Bus ataupun Ferry. Namun karena kami menghindari macet, jadilah kami memutuskan untuk menggunakan ferry untuk menjangkau Bursa pada hari itu.

Rute Bursa-Istanbul dengan Ferry dilayani dari beberapa pelabuhan di Istanbul sedangkan ada dua buah Pelabuhan yang melayani rute Bursa-Istanbul. Perjalanan antara dua kota tersebut dengan menggunakan ferry dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dengan harga tiket sekitar 30 Turkish Lira.

Kami berangkat dari Istanbul sekitar pukul 8 pagi dan sampai di Pelabuhan Budo Mudanya Seaport sekitar pukul 10 pagi. Tujuan kami di Bursa adalah daerah Trilye yang berjarak kurang lebih 10 Kilometer dari pelabuhan Budo. Sesampainya di Budo, kami berjalan ke arah pemberhentian Bus tepat di depan pelabuhan untuk menunggu minibus yang akan mengangkut kami ke Trilye. Sekitar setengah jam setelah menunggu di pemberhentian bus akhirnya minibus yang menuju Trilye datang juga, ternyata Rute Bursa-Trilye dilayani hanya setiap satu jam sekali saja jadi wajar jika bus yang tersedia sangat jarang. Ongkos minibus sekali jalan adalah 3 Lira saja dan perjalanan dapat ditempuh sekitar 15 menit dari Pelabuhan Budo.

Perjalanan ke Trilye sangat menyenangkan karena pemandangan indahnya Laut Marmara membentang sepanjang perjalanan kami. Minibus yang mengantar kami ke Kota Trilye berhenti tepat di tengah kota. Kami langsung menuju sebuah restaurant yang terletak di atas bukit atas rekomendasi seseorang. Jalanan di Kota Trilye cukup menantang karena terdiri atas tanjakan dan turunan yang cukup tinggi. Tergopoh-gopoh, akhirnya saya sampai juga di restaurant yang kami tuju. Restaurant ini bernama Bag Evi Kahvalti Restaurant, terletak tepat di puncak tertinggi Kota Trilye di pinggir Laut Marmara sehingga pemandangannya sangat spektakuler. Restaurant ini bernuansa laut berwarna biru dan putih, persis seperti gambaran kota-kota di pinggir laut di negara Yunani.

Asal usul Kota Trilye sendiri memang sangat berkaitan dengan negara Yunani. Banyak orang berkata Triliye berasal dari kata Tri dan Liye yang berarti tiga desa. Konon katanya, dahulu di tempat ini terdapat tiga desa dan akibat adanya serangan bangsa Yunani, tiga desa tersebut akhirnya bergabung menjadi satu dan menamakan diri mereka sebagai Triliye.

Berdasarkan sejarah, Kota Trilye juga dikenal sebagai pelabuhan Bangsa Yunani pada masa 500BC, maka tidak heran jika nuansa kota ini sangat mirip dengan kota-kota di negara Yunani. Selain itu, wisatawan paling banyak yang mengunjungi kota ini juga merupakan wisatawan dari negara tersebut selain dari wisatawan lokal tentunya.

Kota Trilye juga merupakan kota penghasil Zaitun hitam. Di berbagai sudut kota terdapat kios-kios yang menawarkan berbagai produk dari bahan dasar zaitun yang diolah menjadi makanan, minyak, sabun hingga parfum.

Satu hari itu kami habiskan untuk menjelajah gang-gang kecil di dalam Kota Trilye karena di dalam kota banyak sekali rumah-rumah yang mempunyai arsitektur menarik serta reruntuhan bangunan peninggalan masa lampau. Menjelang sore hari kami menikmati secangkir teh di pinggir pantai sambil memandang deburan ombak yang silih berganti menyapa pinggiran pantai. Sebelum bergegas pulang, kami mengunjungi pelabuhan yacht yang ada di pinggiran kota dan tidak lupa untuk menghampiri bazaar kecil yang menjual berbagai macam produk buah Zaitun.

Saya sangat merekomendasikan teman-teman jika suatu saat mengunjungi Istanbul dan mempunyai waktu yang cukup banyak untuk menjelajah sekitar. Dijamin setelah memandang kota cantik di pinggir Laut Marmara ini, pikiran kita akan lebih fresh dan senang.

-Rie-

Related posts

35 Thoughts to “Menikmati birunya Trilye, kota pelabuhan di Selatan Bursa”

  1. Kece foto-fotonya. Turki tuh dalam list traveling ku banget, or kata kerennya “bucket list” Btw namanya unik ya, Bursa, mirip bursa saham

    1. Rie

      iya nama di Turki unik-unik deh.. semoga bisa ke Turki juga ya πŸ™‚

  2. turki merupakan salah satu tempat yang ada dalam list untuk aku kunjungi, semoga bisa kesana

    1. Rie

      amin.. semoga bisa main ke Turki juga nanti πŸ™‚

  3. MasyaAllah cakep yaa Bursa.. Bangunannya unik-unik dan warna-warni. Membaca Trilye, saya jadi ingat penulis Tere Liye. Apa Tere Liye mendapatkan inspirasi menulisnya di Trilye ya lalu mengabadikannya menjadi nama pena-nya.. hmmm ckckck (komentar apa sih ini – maafkan daku kak rie.)

    1. Rie

      Haha… aku juga pas dikasih tau namanya langsung inget penulis itu.. tapi g tau dink kalau sejarah nama si penulis kaya gimana

  4. Trilye jadi inget sama Tere Liye. Hehehe… Wow, mbak di Turki sebulan ya? Gimana makanannya mbak? Cocok nggak sama lidahnya? Saya kalau pergi ke tempat baru gitu pasti yang kepikiran gimana makanannya enak nggak. Hihihi…

    1. Rie

      Iya sebulan kemaren. Aku si cocok-cocok aja, suka banget sama nasinya turki soale gurih banget… kalo makanan lainnya juga gak ada masalah.. enyak enyak aja πŸ™‚

  5. Photonya kece banget ya… Jadi Makin semangat ke sana deh… Nabung ah… Buat plan perjalananku dong

    1. Rie

      Semangat nabung kakaaakk πŸ™‚

  6. Kotanya cantik dan nyenengin ya.. Paling suka ama kota yang punya bangunan berarsitektur menarik.

    1. Rie

      Iya banget.. apalagi di pinggir laut gitu.. suka banget aku..

  7. Ya ampuuun langitnya indah banget ya. Eh kota Bursa ini bukannya yang menjadi cikal bakal kata bursa yang sering dipakai kita sekarang kan? Sama dengan kata Bazaar gitu.

    1. Rie

      Kayanya bukan deh kak.. aku baca-baca tapi gak ads referensi yg mangacu kesitu si..

  8. Trilye.. Kok jd inget ya Tere Liye ya..wkwk..
    Liat foto2nya saja sdh bkin segar mata.. Semoga kapan2 bs ksana..

    1. Rie

      Aminnnn πŸ™‚

  9. Keren ya kak pemandangannya, saya ngebayangin naik ferry sambil menikmati pemandangan di sekitar, duh cuma bisa ngebayangin hehe..

    1. Rie

      Ayo kapan main ke Turki juga kak πŸ™‚

  10. 4x ke Turki dan memang turki ini kayak ada magnetnya yaa.
    Kotanya rapi, bersih dan teratur bgt.
    Love :3

    1. Rie

      Turki ini jadi negara favorite ku, bawaannya pengen lagi dan lagi dateng kesana πŸ˜€

  11. Cantik bangeet, sampe mau nangis lihatnya huhuhu.
    Aku punya impian buat berkunjung ke Turki juga. Tapi ntar aja sama suami, hehe. Cuma sebelumnya hanya tahu Cappadoccia. Ternyata ada lebih banyak lagi destinasi wisata cantik di Turki, ya!

    1. Rie

      Turki semuanya cantik. aku suka banget deh.. semoga nanti bisa kesana juga ya:)

  12. Pemandangannya keren, bangunannya instagramable bgt.. Trilye masuk bucketblist nih klo nanti ke Turki..

    1. Rie

      sip. gak nyesel deh main ke Trilye

  13. Waaa keren banget ya, Mba. Moga suatu saat nanti saya bisa menjejak di Istambul, termasuk mengunjungi daerah sekitarnya ini. Suasana pantainya menyenangkan banget, pas sore ini ya.

    1. Rie

      iya.. adem banget ya… semoga bisa ke Istanbul juga..

  14. Awal baca judul artikelnya aku sempat mikir dan ngirain … bursa itu bursa efek
    Ternyata nama salah kota Instanbul.

    Keren pemandangan alam dan gedungnya,kak.
    Aku juga penasaran sama kucing persia disana.

    1. Rie

      wah turki cantik banget deh. kucing-kucing disana gemuk-gemuk lucuuu… pokoke kudu mampir kesana suatu saat.

  15. Noted, kak. Peperangan menyatukan warga ya :D. Btw selain Istanbul dan Ankara, aku juga tertarik ke Izmir πŸ™‚

    1. Rie

      Izmir juga cantik, banyak tempat cantik juga yang bisa dijangkau deket-deket sama Izmir…

  16. wah Turki, cantik banget ya kak Rie.
    aku rasanya mau duduk-duduk di pelabuhan sana menikmati waktu bersama orang yang dikasihi *lalu baper haha

    kamu one day trip Turkey-nya dapet dari mana kak?
    apa banyak trip-trip kecil yang jualan itu? atau booking dari Indo?
    penasaran aja aku kak hihi

    1. Rie

      menurut aku loh, turki emang bikin baper.. cantik dan romantis banget, pengennya kesana sama siapaaaa gt.. hahaha
      aku solo trip aja kemaren, gak pake booking operator.. langsung sendiri aja πŸ˜€

  17. Aku baru pertama kali ini denger nama kota Bursa,, apalagi nama desa Trilye.
    Membaca tulisan mbak Rie,, jadi kebayang suasana desa Trilye yang tenang dan menarik untuk dikunjungi. Bisa nih masukin Trilye ke dalam wishlist

    1. Rie

      Boleh banget dateng kesini deh, jangan lupa beli parfume olive nya juga. wanginya enak πŸ™‚

  18. Wahh pengen deh bisa kesana..
    Bagus banget pemandangannya..

Leave a Comment