Mendaki di (sekitar) Gunung Fuji

Gunung Fuji Jepang, Gunung Fuji, Pemandangan Gunung Fuji, Wisata di Jepang, Kachi-kachi ropeway, hiking di gunung fuji

Berkunjung ke Kawaguchiko katanya tidak lengkap tanpa menjajal Kachi-Kachi Ropeway. Attraksi ini adalah sebuah cable car menuju puncak Gunung Kachi-Kachi dimana di atas gunung setinggi 1075 meter itu kita dapat memandang Gunung Fuji, Danau Kawaguchiko serta Minami Alps. Untuk mencapai Kachi-Kachi Ropeway kita dapat berjalan sekitar 15 menit dari Stasiun Kawaguchiko atau menaiki Sightseeing bus jalur merah dan turun pada halte nomor 11.

Biaya orang dewasa untuk menaiki ropeway adalah JPY 450 untuk sekali jalan dan JPY 850 untuk tiket pulang pergi.  Attraksi ini juga menyediakan paket combo jika membeli tiket ropeway dengan tiket cruise, tiket ropeway dengan tiket kereta sekali jalan ke Stasiun Otsuki bahkan tiket ropeway dengan tiket sightseeing bus/retro bus yang tentu harganya dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan membeli harga satuan. Harga tiket juga berbeda jika kita membeli untuk anak-anak atau untuk rombongan besar.

Untuk menghemat waktu, saya menuju ropeway dengan menggunakan sightseeing bus, sesampainya di halte, wangi cookies enak tercium sangat kuat sehingga membuat saya hampir saja tergoda untuk masuk ke tempat penjualan cookies yang letaknya tepat di bawah tempat penjualan tiket. Saya membeli tiket sekali jalan dengan niat akan turun melalui jalur hiking, setelah membayar tiket saya menunggu beberapa saat hingga akhirnya tiba giliran saya untuk menaiki ropeway tersebut. 3 menit di dalam cable car hampir tidak terasa karena pemandangan yang disajikan sangat cantik, ropeway terletak tepat di depan Danau Kawaguchiko sehingga semakin tinggi cable car itu naik semakin luas pemandangan danau yang dikelilingi pepohonan berdaun merah dapat kita nikmati. Saya sempat mengambil beberapa foto dari stasiun cable car sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan ke bangunan di atas Gunung Kachi-Kachi.

Bangunan yang dibuat di atas Gunung Kachi-Kachi terdiri dari beberapa bagian, yaitu: Tanuki tea house tempat membeli makanan dan minuman dan menu terkenalnya yang bernama Tanuki Dango (saya jadi ingat Usagi dalam serial Sailormoon yang dijuluki Odango head oleh Mamoru, hehehe…) Usagi Shrine (ini namanya beneran Usagi loh), Bell of Tenjo, dan daerah terbuka untuk photo service berlatarkan Gunung Fuji.

source: Kachikachiyama-ropeway.com

Saya mengabiskan waktu sekitar setengah jam di area tersebut sebelum akhirnya turun melalui jalur hiking sesuai yang saya rencanakan. Ketika turun, hanya saya seorang saja yang melalui jalur tersebut, jalur hiking yang hanya mempunyai lebar sekitar 1 meter tersebut dikelilingi oleh pepohonan di samping kiri-kanannya, walaupun dari jalur itu kita masih dapat memandang Gunung Fuji yang mengintip di sela-sela pepohonan. Jalur hiking tersebut tidaklah ekstrim dan saya yakin anak-anak pun bisa saja melaluinya dengan mudah asalkan staminanya cukup kuat. Sekitar 15 menit berjalan saya sampai di sebuah area luas yang terdapat beberapa bangku, pendopo dan juga monumen yang ternyata area tersebut dinamakan Literary monument. Saya tidak menyangka akan sampai di area seperti ini karena niatnya hanya turun melalui jalur hiking saja, namun daerah ini sangat cantik. Dengan dikelilingi pohon yang berdaun merah, pemandangan Gunung Fuji pun terlihat sangat jelas dan yang paling penting hanya ada satu dua orang saja di area tersebut. saya pun akhirnya tergoda untuk duduk-duduk di sana sebelum sadar bahwa masih banyak yang harus dikunjungi di Kawaguchiko.

Melanjutkan perjalanan turun, saya akhirnya bertemu dengan satu-dua orang yang hiking dari bawah ke atas (ini baru hiking beneran :p) dan sekelompok turis negara seberang yang berhenti tiap dua menit untuk mengambil selfie, hehehe. sekitar kurang lebih setengah jam kemudian akhirnya saya sampai di jalan besar beberapa meter dari halte pemberhentian saya sebelum naik Kachi-Kachi Ropeway.

Well… bisa dikatakan hiking yang saya lakukan adalah hiking “manja” karena hanya menggunakan jalur turun dengan track yang cukup mudah, namun pemandangan yang saya dapat sangat indah. saya menghabiskan kurang lebih dua jam di sekitar area ini termasuk naik ropeway, mengambil gambar, berkontemplasi (halah), makan cemilan dan minuman serta turun melalui jalur hiking. jika mempunyai waktu yang lebih lama mungkin saja saya naik dari jalur hiking juga (mungkin loh ya :p). Teman-teman dapat mencoba Kachi-Kachi Ropeway jika mengunjungi berkesempatan mengunjungi Kawaguchiko suatu saat, baik return trip menggunakan cable car atau melalui jalur hiking jangan lupa cerita ke saya ya gimana rasanya 🙂

-Rie-

Related posts

One Thought to “Mendaki di (sekitar) Gunung Fuji”

  1. Hastira

    woooow, indahnya ciptaan Allah

Leave a Comment