Memanjakan mata dan lidah di Pasar Borough

borough market di London, food market in london, borough market, kuliner di london

Ketika membayangkan kata pasar, apa yang ada di benak kalian?

Becek? Sumpek? Banyak orang? Sebagian mungkin bilang demikian, tapi saya suka melihat keramaian yang ada di pasar, dari mulai berbagai jenis orang yang datang, sayur segar yang dijajakan, jajanan pasar bahkan pernak-pernik lucu yang banyak bisa kita temukan di pasar-pasar malam di berbagai kota. Ketika saya berkunjung ke suatu tempat, saya suka berkunjung ke pasar yang ada di tempat tersebut untuk melihat interaksi yang ada ataupun berbagai barang yang dijual di dalamnya. kalau ditanya mengenai pasar Favorite saya, tetap Pasar Beringharjo di Jogjakarta juaranya. 🙂

Kali ini saya akan bercerita mengenai perjalanan saya ke Pasar Borough di London. Pagi itu saya sudah janjian dengan teman saya untuk mengunjungi Pasar Borough. Saya memang selalu menyempatkan diri untuk berjalan-jalan ke pasar ketika berkunjung ke suatu tempat. Nah pas banget ketika berkunjung ke London, Pasar Borough langsung menjadi tujuan saya paling atas, alasannya pertama karena saya memang suka melihat interaksi di pasar dan karena Pasar Borough merupakan pasar makanan yang tertua di Inggris.

Konon usia dari Pasar Borough ini sudah lebih dari 1000 tahun lamanya, lokasinya yang strategis di pinggir Sungai Thames dan di ujung London Bridge membuat lokasi pasar ini sangat strategis. Di masa kini, akses menuju pasar ini pun sangat mudah, karena tak jauh dari lokasi pasar terdapat stasiun kereta/tube yang langsung menghubungkan Pasar Borough dengan lokasi-lokasi lain di segala penjuru London.

Pasar Borough hanya buka dari hari senin sampai sabtu saja dari jam 10 pagi hingga jam 5 sore, namun jika kamu datang di Bulan Desember, kamu juga dapat mengunjungi pasar ini di hari minggu. Untuk mengunjungi pasar ini kamu bisa datang langsung ke lokasi secara independen atau mencari paket gastro tour yang tersedia jika ingin mendalami lebih lanjut sejarah tentang Pasar Makanan ini.

Setelah bertemu dengan teman saya di dekat stasiun, kami langsung menuju Pasar Borough untuk menjelajah setiap sudutnya. Teman saya bercerita bahwa ini kali kedua Ia mengunjung Borough, kali pertama Dia datang dengan menggunakan jasa Gastro Tour karena ingin lebih mengenal sejarah dari Pasar Borough.

Berbagai stall sudah sibuk dengan jajanannya masing-masing ketika kami datang, ada penjual keju, burger, donat, kebab, makanan india, Turkish delight, sayuran mentah bahkan seafood ada disini. Sebut saja makanannya, pasar ini punya segalanya. Bahkan Paul Hollywood pernah mengatakan di salah satu acara Food Network bahwa jika ingin roti paling enak dan fresh di seluruh kota London, datang saja ke pasar ini. (yang belom tau Paul Hollywood, google dulu ya :p)

Pagi itu saya dan teman saya mencoba oyster, beberapa buah donat dan secangkir kopi, niatnya membeli beberapa makanan lagi karena bentuknya yang lucu dan aromanya yang aduhai namun apa daya tengki perut dan dompet tidak mencukupi. :p

Borough Market, London, Doughnut Borough Market, Kuliner di London, Kuliner di Pasar Borough

Pasar Borough, Borough Market London, Kulineran di London,

Kamu tidak perlu khawatir jika belum sempat sarapan di penginapan ketika datang ke tempat ini, siapkan saja perut (dan uang tentunya) untuk memulai food adventure kamu. Namun jika tidak berniat untuk jajan, pasar ini juga layak untuk menjadi tujuan kamu ketika sedang berada di London, pasar ini bersih dan teratur, terlindungi dari hujan dan panas karena terdapat atap di seluruh bagian pasar, arsitektur pasar yang sangat menarik, stall-stall yang ada berwarna-warni sangat menarik dan yang tidak kalah menariknya adalah interaksi penjual dan pengunjung yang ada di pasar ini yang membuatnya semakin hidup. Tapi saya sih sanksi kalau kamu bisa menolak wangi menggiurkan yang tercium ketika berada di dalam pasar.

Borough Market, Pasar Borough, Kuliner di London

Pasar ini juga sering mengadakan beberapa acara seperti demo masak, festival dan juga seminar, kamu dapat melihat jadwal acara dan jadwal buka pasar ini di website resmi Pasar Borough, yang saya sampai amaze karena pasar aja ada website-nya. hehehe. Jadi, mau kulineran di London atau punya rencana ke London dalam waktu dekat? Coba deh masukan Pasar Borough di dalam rencana perjalanan kamu, dijamin gak nyesel deh. 🙂

 

-Rie-

Related posts

Leave a Comment