Mari Mengenal Luang Prabang

Udara segar dan langit biru menyambut kami setibanya kami mendarat di Bandar Udara Luang Prabang. Never I imagine I will visit Luang Prabang this soon. Saya dan seorang sahabat saya memang merencanakan perjalanan ini beberapa bulan sebelumnya. Luang Prabang akan jadi kota terakhir dalam rangkaian trip kami.

Luang Prabang menyandang predikat sebagai The Royal Capital of the Kingdom of Laos sampai dengan tahun 1975. Kota ini juga manyandang predikat sebagai Unesco World Heritage list karena kaya akan kebudayaan dan kekayaan alam yang menurut saya sangat layak diberikan kepada kota yang terletak di utara Laos ini.

Royal Palace Museum

Secara Geografis, Kota Luang Prabang terletak di utara negara Laos. Kota ini dibelah oleh dua sungai yaitu Sungai Mekong dan Sungai Nam Khan. Karena berbatasan dengan Thailand dan Vietnam, untuk menjangkau kota ini kita dapat menggunaka bus, pesawat bahkan boat dan kabar baiknya, untuk WNI tidak diperlukan visa untuk mengunjungi negara ini.

Saya sangat bersemangat untuk mengenal lebih jauh kota ini karena disambut langit yang sangat biru, persis seperti warna langit di Indonesia bagian timur, cantik!. Tidak banyak kendaraan berlalu lalang sehingga hanya sedikit asap kendaraan yang naik dari permukaan bumi. Tidak ada juga gedung-gedung tinggi di kota ini karena tidak diperbolehkan untuk membangun bangunan yang tinggi. Bangunan tertinggi yang ada di kota ini maksimal hanya setinggi empat lantai saja.

Kami berdua naik taksi resmi dari airport ke pusat kota dengan harga 30.000 kip atau seharga 23.000 rupiah per orang. Perlu diketahui nilai 1 kip adalah sekitar 1.50 rupiah saat itu. Hotel kami terletak di pinggir Sungai Mekong dan berada tidak jauh dari Kawasan Old Town Luang Prabang sehingga untuk sampai ke lokasi hanya memerlukan waktu kurang dari setengah jam saja.

Untuk mengelilingi Luang Prabang, kita dapat menyewa sebuah sepeda di hotel/travel agent dan tempat penyewaan sepeda yang tersebar di beberapa tempat di Luang Prabang. Untuk menyewa sebuah sepeda selama 24 jam harga yang diberikan adalah sekitar seratus ribu rupiah saja. Kita cukup membayar uang sewa, menyebutkan hotel dimana kita tinggal, serta meninggalkan id card di tempat penyewaan tersebut lalu kita bisa menggunakan sepeda selama 24 jam penuh. Namun, pastikan kamu dalam kondisi sehat karena jalanan di kota ini cukup berbukit sehingga cukup menguras stamina. Tapi jika sanggup, pengalaman bersepeda di kota ini sangatlah menyenangkan.

Sepeda sewaan di Luang Prabang

Di kota ini kita dapat melakukan banyak aktivitas mulai dari menjalajah alam sampai melihat bangunan-bangunan cantik. berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan di Luang Prabang:

1. Mengunjungi pasar malam

Setiap malam, kota ini menyajikan pasar malam yang tersebar di beberapa tempat, termasuk di Kawasan Old Town yang tiap malam saya singgahi. Berbagai souvenir seperti kerajinan tangan, baju, serta makanan digelar di pasar malam ini. Jika kamu berminat untuk berkunjung dan berbelanja, jangan lupa juga untuk menawar harganya ya.

Salah satu warung makanan di Night Market
Old Town Luang Prabang

2.  Mengunjungi Royal Palace Museum.

Bangunan favorite saya di Luang Prabang, Royal Palace Museum. Dahulu kala, bangunan ini digunakan sebagai tempat tinggal Raja Sisavang Vong dan keluarganya. Sekarang, bangunan ini dijadikan sebagai museum yang isinya menceritakan kerajaan Laos beserta benda-benda peninggalannya.

Royal Palace Museum

3. Mengunjungi kuil-kuil.

Luang Prabang juga berarti “The Place of Budha”. Kota yang saat ini sudah menjadi Unesco heritage list mempunyai banyak sekali kuil yang tersebar di seluruh Kota. Tetapi Kuil favorite saya adalah Wat Xieng Tong (The temple of Golden City).  Kuil ini dibangun sekitaran tahun 1950-an tidak jauh dari pertemuan Sungan Mekong dan Sungan Nam Khan. Letaknya tidak jauh dari Old Town dan bisa dijangkau dengan bersepeda atau berjalan kaki.

4. Kuang Si Waterfall

Kuang Si Watefall terletak sedikit jauh dari pusat kota. Untuk menjangkaunya kita dapat menyewa motor atau membeli tiket minivan yang mengantarkan kita ke Kuang Si serta kembali lagi ke Luang Prabang. Lama perjalanan untuk menjangkau Kuang Si adalah sekitar satu jam.

Kuang Si Waterfall

Kuang Si sangat saya rekomendasikan untuk dikunjungi karena sangat cantik. Tanah berundak-undak yang dialiri air berwarna tosca. Di Kawasan ini tidak hanya terdapat satu air terjun mini, tetapi beberapa dan kita dapat berenang atau sekedar berendam di kolam sekitarnya. Tetapi jika ingin berenang, pastikan kamu dapat berenang ya karena kolamnya cukup dalam dan batuan di dalamnya sangat licin.

5. Alms Giving Ceremony

Ceremony yang diadakan setiap pagi ini bisa dilihat hampir di seluruh kota Luang Prabang. Setiap pagi pada biksu berkeliling kota yang sudah dinantikan oleh para penduduk yang ingin memberikan makanan kepada biksu-biksu. Konon katanya, jika kita datang dan ikut prosesinya, kita akan menemukan cinta sejati. Tulisan saya tentang Alms Giving Ceremony bisa dilihat di link ini.

Alms Giving Ceremony
Sungai Mekong

Masih banyak lagi yang dapat kamu lakuan di Luang Prabang seperti hiking, cruise di Sungai Mekong, atau bahkan hanya leyeh-leyeh di kafe pinggir Sungai Mekong. Satu hari saja tidak cukup deh pokoknya. Suatu saat jika kamu berkunjung ke Laos, pastikan untuk mengunjungi juga Luang Prabang. Banyak banget alasan untuk berkunjung kesini karena Kotanya cantik, harga akomodasinya terjangkau dan makanannya bervariasi. Siapa tau setelah mengunjunginya kamu akan mendapatkan cinta sejati. 😉

-Rie-

Related posts

25 Thoughts to “Mari Mengenal Luang Prabang”

  1. Kalau di-list, banyak juga ya yang bisa dilakukan di Luang Prabang 😀

    Dan yang saya suka dari Luang Prabang, karena budaya-nya pun masih sangat kental. Dan kita bisa belajar banyak dari sana 😀 ohya, favorit saya masih tetap giving ceremony. Karena nggak banyak negara yang melakukannya, jadi terasa spesial ketika bisa ikut serta menyaksikannya 😀

  2. Cantik ya Luang Prabang. Apakah Mbak Rizka datang sendiri ke air terjun Kuang Si-nya? Minivan-nya bareng turis-turis lain atau boleh disewa sendirian?

    1. Rie

      kemaren aku ikutan shuttle, jadi bareng sama turis lainnya. kalau sewa sendirian kayanya lumayan nguras kantong deh Mbak, kalau datang ramean mungkin bisa disewa private karena share cost.

  3. Wah, makasih banget buat infonya ya. AKu sih tertarik banget dengan Kuang Si. Maklum, anaknya nggak tahan ngelihat alam yang cantik gitu. Bawaannya mau langsung nyebur.
    Seneng lihat ada kota yang mengatur soal pembangunan gedung tinggi.
    Oh ya, tahu info tentang drone di Laos, khususnya Luang Prabang ini, nggak? Kayaknya kerena view-nya kalau bisa menangkap gambar dengan drone

    1. Rie

      Aku gak nyari info tentang drone euy karena gak make drone. cuma karena Luang Prabang deket banget sama Airportnya, harusnya si butuh permit itu. CMIIW

  4. Kuang SI Waterfall nya cantik banget ya mbak 🙂 ternyata Luang Prabang itu sudah menjadi UNESCO heritage ya… AKu ingin tau isi Royal Palace Museum deh. Boleh foto2 ga sih di dalamnya mbka/ Btw sepanjang perjalanan apa banyak kulineran kayak tempat wisata pada umumnya?

    1. Rie

      kalo di dalem salah satu bangunannya gak boleh. cuma kalo dari depan doank gpp. kulineran kalo menurutku gak banyak yang menarik soalnya gak halal. hehe

  5. belum kepikiran untuk wisata ke Laos. Ternyata cantik yaa pemandangannya. suka sama foto2 low angle nya 🙂

  6. Banyak ya wisata yang menariknya.. kalo sepi gitu juga jadinya nyaman banget.. Old town yang diceritan itu apa sama dengan yang dijadiin brand minuman white coffee/milk tea warna hijau itu kah mba? kalau ngga salah gambar dibungkusnya juga gambar istana

    1. Rie

      Bukan Mbak, kalau old town yang kopi itu dari Ipoh buhan dari Laos.

  7. Wahh bangunan di Luang Prabang cukup unik ya. Atapnya punya ciri khas tersendiri.
    Selain itu, Air Terjun Kuang Sinya juga keren banget nih. Pesonanya luar biasa.

    Salam hangat dari kami Travel Blogger Ibadah Mimpi

  8. Kuang Si Waterfall-nya cantiiiikkk banget. Ah iya Mba, kalau mau cari makanan di Luang Prabang terutama di pasar malamnya, banyak nggak? Terus di sana ada warning buat turis semisal ada banyak pencopet gitu nggak ya?

    1. Rie

      Pasar malem banyak makanan mbak, ada all you can eat juga. Hehe
      Sejauh ini si aman ya di sana.

  9. Wah ternyata Laos keren yaaaa…

    Itu foto langitnya bisa cetarrr biruuu gituuu..

    Udara di sana panas apa enggak mbak?

    Kuang Si favorit buat nyebur kayaknya yaa… kalau kenyataannya seindah gambarnya hahaha…

    Kental banget kayaknya budaya di Laos ya…

    Btw foto-fotonya digedein donk mbak, saya sampai ngezoom supaya puasss lihat foto-fotonya hahaha…

    Thanks for sharing Mbak…

    1. Rie

      Kemaren si cukup panas, tapi anginnya sepoi-sepoi jadi gak berasa panas banget

  10. Ah, Luang Prabang, salah satu mimpi yang belum terwujud. Sudah membayangkan ikut Alms Giving Ceremony pagi-pagi, menyambut sunrise di Phousi Hill, dan menyesap kopi di tepi Sungai Mekong.

    Nice to know you, bro. Sudah jarang travel blog yang benar-benar membahas travel khususnya backpacking ke luar negeri. Di luar BW IDC, nampaknya aku akan rajin berkunjung ke sini.

  11. Wah aku salfok dengan Air Tejunnya kak, kayaknya seger banget buat nyebur yaah heheh. Sunset di Sungai Mekongnya juga syahdu banget kak buat ngopi-ngopi lucu heheh. Semoga bisa kesini kelak aamiin

  12. Lina W. Sasmita

    Untuk mendapatkan makanan halal di Luang Prabang bagaimana Rie? Apa sudah ada restoran halal di sekitar tempat-tempat wisata di atas?

    1. Rie

      Restoran halal susah mbak, tapi kemaren nemu satu di pinggir Mekong, restoran Malaysia gt, ada tulisan halalnya juga, dan satu lagi ada di deket old Town, cuma yang di deket old Town stok makanannya jarang yang ada.

  13. haniwidiatmoko.com

    Belum nih ke Laos. Mirip Kamboja, Vietnam, dan Thailand ya…Serumpun sepertinya. Kalau ke pasar gitu nawarnya gimana? Suka dikira orang sana ga Mbak? Kita pun mirip ya ama orang Laos.

    1. Rie

      Nawar seperti di pasar biasa aja mbak, nawarnya sepertiga harga, kalo gak masuk harganya mereka nolak halus kok.
      Gak mirip2 banget si Mbak, karna orang laos putih2 dan sipit kaya orang Thailand Utara.

  14. Wisata alamnya dapet wisata heritage ya juga
    Laos masih belum banyak tereksplore padahal tempat-tempatmya banyak yang bagus

  15. Jasmi Bakri

    Sungai Mekong ini yang bikin aku tertarik karena waktu ke Ho Chi Minh dan Siem Reap Kamboja aku pun mamoir ke Sungai Mekong. Laos juga jadi salah satu wilayah yang dilintasi delta sungai ini. Keren ih!

  16. Wiii..cantik ya Luang Prabang ini. Pantas saja daerah di Laos ini banyak menjadi tujuan wisata ya.. Ah, pengen ke sana juga euy..

  17. Lina W. Sasmita

    Langit biru, kuil-kuil yang indah serta susasana yang tenang dan nyaman membuat Luang Prabang layak dijadikan wish list buat traveling selanjutnya.

Leave a Comment