Mari Mengenal Amritsar

Amritsar jadi kota tujuan pertama saya pada perjalanan saya ke India. Jujur saja ketika pertama kali mendapatkan tiket tujuan Singapore-Amritsar, saya masih belum mengetahui apa saja yang ditawarkan oleh kota ini. Setelah membuka beberapa blog, sebagian besar daripada blog tersebut menyebutkan dua hal yang dapat ditemukan di Amritsar yaitu Golden Temple dan Wagah Border.

Amritsar merupakan Kota perbatasan antara India dengan Pakistan, angkatan bersenjata nampak berseliweran di berbagai sudut kota lengkap dengan laras panjangnya. Beberapa pengecekan juga diberlakukan untuk memasuki beberapa bangunan tertentu. Saya menghabiskan 4 hari di kota ini dan akhirnya saya dapat mengatakan bahwa Amritsar merupakan salah satu kota favorite saya selama berkunjung ke India.

Berikut ini beberapa hal yang dapat kamu lakukan di kota ini:

Golden Temple

Bangunan berwarna emas ini dibangun pada tahun 1557 yang diselesaikan oleh Guru Ram Das, bangunan megah ini terdiri dari beberapa bagian dan dikatakan merupakan salah satu tempat yang paling sering didatangi di India. Bangunan ini merupakan bangunan suci bagi agama Sikh, orang dari berbagai macam penjuru mendatangi Golden Temple untuk beribadah di kompleks bangunannya. Pengalaman saya mendatangi Golden Temple akan saya tulis di tulisan terpisah di blog ini. Ditunggu ya.

Wagah Border

“Perayaan Kebangsaan” merupakan kata yang menurut saya layak disebutkan pada upacara yang setiap harinya diadakan di wagah border. Daerah perbatasan yang berjarak 30KM dari pusat Kota Amritsar ini setiap harinya didatangi oleh turis lokal maupun internasional untuk menyaksikan upacara penurunan bendera yang serentak diadakan bersamaan dengan kegiatan serupa yang dilaksanakan di sisi Pakistan.

Acara ini sangat menarik, terlebih kita dapat melihat interaksi antara tentara militer negara India dan juga negara Pakistan serta pengunjung dari kedua belah pihak.

Gobingarh Fort

Benteng yang menjadi saksi perjuangan antara bangsa India melawan penjajahan Ingrris ini masih berdiri tegak di tengah kota Amritsar. Walaupun bangunannya tidak semegah Amer Fort di Jaipur, Gobingarh Fort menawarkan pertunjukan 7 dimensi dan light show yang diadakan setiap malam. Menurut saya pribadi, light show yang dipertunjukan di fort ini memiliki efek yang menakjubkan serta dikombinasikan dengan cerita sejarah dan juga live performance sehingga membuat pertunjukannya sangat menarik.

Sadda Pind

tempat ini sangat populer di kalangan turis lokal, namun pada saat kami mengunjungi tempat ini, hanya saya dan rekan saya yang merupakan turis internasional. Sadda Pind berasal dari bahasa Punjab yang berarti Desa Saya. Tempat yang juga merupakan tamann bermain ini menceritakan mengenai kehidupan masyarakat punjab di masa lampau. Di dalam rumah-rumah kecil yang dibangun di dalamnya, terdapat pula berbagai peragaan yang mencontohkan langsung pembuatan berbagai hal-hal tertentu beserta penjelasannya, terdapat peragaan cara membuat roti, cara membuat mehindi, pakaian, bahkan terdapat sebuah wedding hall dimana pengunjung dapat menari bersama di dalamnya. Tiket masuk yang dibayarkan untuk memasuki Sadda Pind sudah termasuk harga lunch buffet atau dinner buffet di food hall yang berada di dalam Sadda Pind dimana kami merasakan butter naan paling enak yang kami coba di sepanjang perjalanan ini.

Kota Amritsar memang tidak semegah Delhi atau Mumbai, dan tidak se-terkenal Agra, namun suasana, orang-orang dan makanannya membuat saya berpikir untuk mengunjunginya kembali suatu saat nanti.

-Rie

Related posts

6 Thoughts to “Mari Mengenal Amritsar”

  1. Coba fotonya lebih banyak lagi. Salah satu negara yang bikin saya penasaran ya India ini.

    1. Rie

      Siap.. nanti dibanyakin kak 🙂

  2. Wah keren ya india sekarang, bikin penasaran para tourist internasional. Mungkin karena keunikan tradisi dan bangunannya ya.

  3. Hastira

    wah bagus ya, tp mana foto yang lainnya, penasaran dg india

    1. Rie

      fotonya menyusul di Gallery ya 🙂

  4. saya kalau dengar kata india, keingetannya sama serial bollywood nya. hehe

Leave a Comment