Lima kota favorite selama saya traveling…

Chiang Mai, Desa Wisata Chiang Mai, Thailand Utara, Doi Suthep, Wisata Thailand

Ketika traveling, pasti ada satu dua tempat yang meninggalkan kesan mendalam. Saya pun demikian, sejak mulai pertama kali traveling hingga saat ini ada beberapa tempat yang menyisakan kesan mendalam bagi saya. Alasannya banyak, entah karena suasana di tempat itu sangat menyenangkan, makanannnya, orang-orangnya atau tempat wisata yang ditawarkan. Oleh karenanya saya menyusun 5 kota favorite saya selama saya traveling. Ini ceritanya…

Kyoto

Kyoto dapat membuat siapa saja yang datang mengunjunginya jatuh cinta. Kotanya menyenangkan, kontras antara budaya jepang asli dan jepang modern juga sangat terasa, dan tempat wisata yang ada di kota ini sangat cantik. Dengan banyaknya makanan yang enak dan sistem transportasi yang sangat memungkinkan mengelilingi kota ini dengan mudah, Kyoto dapat membuat siapa saja jatuh hati. Kyoto merupakan pusat pemerintahan Jepang di masa lampau, kota ini terasa jauh lebih santai dibandingkan Tokyo atau Osaka. Kyoto juga memiliki banyak sekali kuil cantik, sebut saja Fushimi Inari, Kiyozumi-dera, Ginkakuji, dsb. Tidak puas dengan kuilnya kita dapat mengunjungi Kawasan etnik Gion atau Hutan Bambu Arashiyama.

Tempat favorite saya di Kyoto adalah Kiyozumidera. Temple yang termasuk ke dalam UNESCO Heritage Site ini cantik dikunjungi pada setiap musimnya. Terletak sedikit di atas bukit, kita dapat memandang kota Kyoto dari ketinggian kuilnya. Untuk makanannya, hidangan yang dapat dicicipi di Kyoto adalah Mochi. Hidangan manis dan kenyal ini adalah salah satu tujuan saya mengunjungi Jepang, hehehe… Mochi di Kyoto dihidangkan dalam berbagai versi dan berbagai rasa, mulai dihidangkan menggunakan tusuk sate, dengan buah, dibungkus dengan plastik, dengan wadah kertas dan lain-lain.

Semua hal tersebut membuat saya menempatkan Kyoto pada salah satu kota favorite saya selama traveling. Tidak percaya dengan tulisan saya? Datang saja ke Kyoto dan bersiaplah jatuh cinta 😉

 

Chiang Mai

Chiang Mai merupakan kota terbesar kedua di Thailand setelah Bangkok. Walaupun Chiang Mai merupakan kota besar, suasana yang tercipta di dalam kota ini sangat jauh dari hingar bingar seperti Bangkok. Terletak di Utara Thailand, Chiang Mai terkenal akan banyaknya temple, wisata alam dan favorit saya: pasar malamnya.

Jika ingin berkunjung ke Chiang Mai, datanglah ketika weekend untuk merasakan sensasi Sunday Walking Market. Pasar malam yang dibuat khusus ketika weekend tiba ini digelar di tengah Kota Chiang Mai, dengan kata lain sebagian besar jalanan di dalam kota sengaja ditutup demi terlaksananya Sunday Walking Market. Uniknya, sebagian besar hal yang dijual disini merupakan produk lokal penduduk Chiang Mai. Para penjual pun menggunakan seragam khusus sesuai dengan blok lapak dagangannya. Tidak hanya barang lucu saja yang dapat kita temukan di pasar malam ini, kita juga dapat menemukan berbagai makanan, jajanan bahkan pertunjukan dari seniman lokal.

Jika kamu sudah pernah ke Bangkok atau Pattaya, cobalah datang ke Chiang Mai. Suasana berbeda dan cantiknya kota ini akan membuat kamu berpikir untuk mengunjunginya lagi dan lagi.

Jeonju

Jeonjuuuuuu…. Saya baru mengunjunginya pertama kali di tahun 2017. Alasan saya mengunjunginya yang pertama adalah bibimbab dan yang kedua adalah Hanok Village-nya. (baca dua tulisan saya tentang Jeonju disini dan disini) Tapi ternyata kota ini berhasil membuat saya sangat terpikat. Hampir mirip dengan Kyoto, Jeonju berhasil menggabungkan unsur budaya asli korea dengan unsur modern yang dimiliki negara gingseng ini. Orang-orang yang ada di Jeonju pun menurut saya merupakan orang-orang paling ramah sepanjang saya berkunjung ke Korea Selatan beberapa waktu yang lalu. Tempat favorit saya adalah kawasan Hanok Village yang ada di pusat kota Jeonju. Kawasan cantik ini terasa bagaikan keluar dari buku cerita, setiap sudutnya cantik dan hidup. Akomodasi dan makanan di Jeonju pun lebih terjangkau dibanding kota lainnya seperti Busan ataupun Seoul. Oh ya, ternyata selain Busan, Jeonju pun terkenal akan festival filmnya loh. Festival yang dilaksanakan di Bulan April setiap tahunnya menjadikan periode waktu tersebut merupakan waktu yang paling ramai untuk mengunjungi Kota Jeonju.

Jadi, kamu punya rencana ke Korea Selatan? Masukan Jeonju di dalam itinerary mu ya 🙂

 

 

Kuala Lumpur

Kuala Lumpur menyimpan sejuta kenangan, ihiiy.. Kota ini kota yang pertama kali saya kunjungi ketika pertama kalinya saya traveling solo ke luar negeri. Semua pengalaman saya di Kuala Lumpur sangat menyenangkan, terlepas dari berbagai cerita mengenai negara tetangga tapi saya tidak pernah mengalami pengalaman negatif ketika berkunjung ke Ibukota Malaysia ini. Kuala Lumpur juga merupakan kota persinggahan ketika saya berkunjung ke kota lainnya di Malaysia atau negara Asia lainnya. Begitu sampai di kota ini, rasanya berbagai kelelahan ketika traveling lenyap. :p

Sistem transportasi di KL yang menyenangkan dan makanannya yang cocok dengan lidah saya, membuat saya meletakkan Kuala Lumpur dalam kota favorite saya selama traveling. Tempat favorite saya di KL adalah Merdeka Walk, coba deh kesana ketika sore menjelang malam, suasananya asik banget. Dan jangan lupa mencoba nasi rendang atau nasi tomato di Le Cucur KL sentral, favorite banget!

 

Jogjakarta

Hehehe… saya memang pernah tinggal di Jogja, tapi apa daya belum ada yang bisa menggantikan kota gudeg ini untuk menjadi kota favorite saya selama traveling. Ada banyak alasan menjadikan Jogjakarta menjadi kota favorite saya, ritme kehidupan yang santai, orang-orangnya, makanannya, tempat wisatanya. Semuanya bisa membuat jatuh hati. Sudah pernah berkunjung ke Jogja? Kamu pasti tau berbagai hal khas tentang Jogja. Dari mulai kawasan sejuk di Kaliurang, suasana ramai di Beringharjo, atau tempat banyak orang berkumpul di Alun-Alun Kidul. Namun semuanya gak akan pernah bikin bosan. Kalau sudah pernah makan gudeg, kamu bisa sesekali mencoba jadah tempe khas Kaliurang atau Bakpia Pathuk yang bisa ditemukan di berbagai tempat di Jogjakarta. Kalau sudah pernah ke Pantai Parangtritis, coba deh ke Pantai Pok Tunggal atau Pantai Ngrenehan, dengan pasir di bibir pantai yang putih dua pantai ini jauh lebih sepi dibandingkan dengan Parangtritis. Mau ke Museum? Jangan lupa kunjungi Museum Gunung Merapi atau Ullen Sentalu yang ada di daerah Kaliurang, dijamin menambah wawasan deh. Tempat favorite saya di Jogjakarta? Sudut Nol Kilometer di kawasan Malioboro ketika malam tiba, duh saya jadi kangen berdiskusi di perempatan jalan yang ramai itu deh. Pokoknya Jogja, aku padamu.. :p

 

Nah itu tadi 5 kota favorite saya selama saya traveling, mungkin aja suatu saat bisa berubah ketika saya mengunjungi tempat baru dan merasakan pengalaman baru. Jika kamu belum pernah mengunjungi 5 kota di atas, ayo main.. jangan lupa saya diceritain pengalamannya ya.

 

-Rie-

Related posts

Leave a Comment