[Traveling Tips] Let’s Pack our Bag


Mau traveling? Hal yang paling urgent untuk dilakukan sebelum traveling (dan kadang bikin males) adalah packing. Packing itu sendiri menurut saya membutuhkan keahlian dan jam terbang tingkat tinggi. Contohnya aja gimana caranya biar baju dan sebagainya bisa masuk ke dalam tas yang dipilih dan supaya semua barang yang dibawa bisa cukup dan ga mubazir selama perjalanan.

Berikut ini tips-tips packing dan barang yang harus dibawa versi saya, yang akan saya bagikan buat pemirsa dan pemirsawati, jika ada yang mau menambahkan, monggo di feedback ya,

1. Listing

Ga dimanapun, kegiatan apapun, membuat list barang-barang yang diperlukan merupakan kegiatan awal untuk packing. Ingat, susunlah daftar barang yang dibutuhkan selama perjalanan. Butuh itu beda sama ingin ya. Dari mendaftarkan barang bawaan yang dibawa ini, kita bisa mengira-ngira barang apa aja yang benar-benar dibutuhkan dan barang apa aja yang cuma pengen dibawa hanya sekedar untuk memuaskan nafsu belaka..

2. Koper versus Backpack

Memilih koper atau backpack itu sesuai dengan gaya traveling dan kebutuhan masing-masing traveler. Ada yang menganggap koper lebih simple dari backpack dan lebih mudah untuk packing, ada juga yang menganggap sebaliknya.

Bagi saya sendiri, backpack itu lebih praktis dari koper, karena kedua tangan kita bebas bergerak sementara backpack sudah terangkat di punggung kita. Demikian juga kalau kita harus mengejar-ngejar kendaraan ketika traveling. Backpack itu jauh lebih memudahkan dibandingkan koper.

3. klasifikasikan barang bawaan

Susun barang bawaan kita dan letakkan sesuai sering atau engganya barang tersebut dipake. Biasakan juga menyusun ulang barang kita ketika dalam perjalanan saat ada waktu luang supaya barang yang sudah tidak terpakai lagi tidak merepotkan kita nantinya. Tujuan dari hal ini juga memudahkan kita untuk mengambil barang serta menjaga barang tetap rapi.

4. Gulunglah baju, bukan dilipat.

Ada sebuah artikel yang say abaca, entah dimana menyebutkan bahwa baju yang digulung itu akan lebih mudah untuk disusun dan tidak gampang lecek. Selain itu, dengan menggulung baju, ruang di dalam tas akan lebih banyak dibandingkan dengan melipat baju.

5. Bawalah sebuah kantong terpisah

Tetap bersih, wangi dan kering. Itu fungsinya. Kantong terpisah ini untuk memisahkan baju kotor dengan baju bersih sehingga tidak tercampur dan baju bersih tidak terkena bau-bauan yang mungkin timbul dari baju kotor.

6. ย Selalu bawa payung atau jas hujan

Ga mau kan traveling kita gagal akibat malas keluar dari tempat penginapan karena hujan. Membawa serta kedua barang ini juga sangat berguna apalagi di kala cuaca tidak menentu sekarang-sekarang ini.ย  dengan membawa payung atau jas hujan dari rumah, kita juga bisa berhemat dibandingkan kita harus membelinya di lokasi traveling kita.

7. Bawalah satu setel baju formal atau semi formal

Dulu pernah baca tentang poin ini di bukunya Mbak Trinity, pertamanya sih nyangkainnya ga penting, sampai kejadiannya saya alami sendiri. Dua kali di saat traveling yang berbeda saya diajak temen ke acara semi formal dan formal, kesempatan pertama lewat karena saya tidak membawa baju semi formal, namun akhirnya pada kesempatan kedua saya sudah prepare dan akhirnya bisa dapat kesempatan ikut di acara semi formal yang diadain oleh teman saya. jadi, ini si buat jaga-jaga aja

8. Kalau memungkinkan, bawalah hairdryer

Selain buat ngeringin rambut, hairdryer punya peran ganda untuk ngeringin baju yang dicuci kalau seandainya bajunya ga kering pas diperlukan untuk dipakai atau harus segera pindah tempat dari tempat yang sebelumnya. tips ini saya dapat dari teman traveling saya, Arniroo ๐Ÿ˜€

9. Charger, electrical soket, baterai cadangan

Jadikan satu semua alat ini dan pastikan ga ada yang ketinggalan. Ga mau kan mati gaya atau bahkan harus beli baru di tempat traveling karena salah satunya ketinggalan atau lupa bawa.

Nah segitu dulu tips dari saya. silakan bagi yang mau nambahin bisa nambahin di feedback ๐Ÿ™‚

Mari jalan-jalan ^^

-Rie-

Related posts

10 Thoughts to “[Traveling Tips] Let’s Pack our Bag”

  1. Nyang hairdryer itu khusus buat ibu2/mbak2/mas2 yang rambutnya gondrong aja hahahaha

    kalo barang yang pasti kubawa adalah sarung! penting buanget itu hahaha

  2. Bekal buat traveling ke jatim ni, ha7x. . .
    nice share. . .

  3. loetpi

    wah, dapet ilmu baru ni sebelum ke jatim ๐Ÿ™‚
    nice share mbak

  4. njengvivi

    mbk riska jagonya…. ๐Ÿ˜€

  5. bentar, aku mau tanya electrical equipment, bawa terminal gak ya enaknya itu?terus terminalnya jombor apa umbulharjo? #tsah. itu di LN colokan tiga kah?apa bahasa inggrisnya colokan tiga?haduh…akeh tekok, wes koyok pengacara ae…hahaha

  6. Hahaa, kalau saia sering bgt bawa barang mubazir. Terutama baju. Entah knp kalo liat tas belum full pgn njejelin pakaian lagi. Mungkin krn tipe yg males nyuci2 pas jalan kali ya, jd sebisa mungkin bawa baju lebih. hehee….

    Oiya, satu lagi yg ketinggalan ka. Toiletries! The most important things to bring. Ini barang2 kedua setelah pakaian yg menjadi prioritas.

  7. lestari wuland

    Bawa pasmina (buat ganti sajadah), bisa multifungsi buat selimut juga,hehee..soalnya kl di penginapan2 gitu suka ga sedia sajadah.. (bagi yg muslim ya..)

  8. eh, mbak itu gambarnya yang tas dititpin yang mau ke stasiun di bangkok ya?anyway, aman gak ya?

  9. anneis

    Cool info, boi…

    I like your posting. i think it’s very beneficial for me since i have to do a small packing every week (to go to my home town, heheh). Keep on blogging, dear.. am waiting your next infomative posting.. ๐Ÿ˜€

    -room A+6-used-to-be-
    :p

  10. Suzan

    hidup charger….. hahahaha kudu bawa itu ๐Ÿ˜€ like this banget lah ka ama artikelmu ini

Leave a Comment