Dua Hari Satu Malam di Batam dan sekitarnya

Jembatan Barelang Batam, wisata ke batam, shopping di batam, jalan jalan di batam

Batam merupakan sebuah pulau yang terletak di Propinsi Kepulauan Riau. Pulau ini terkenal dengan zona perdagangan bebas dan merupakan salah satu daerah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga. Banyak orang menjadikan Batam sebagai salah satu pintu keluar/masuk menuju ke Singapura ataupun Malaysia. Maka jangan heran jika berkunjung ke Batam saat akhir pekan, maka daerah pelabuhan akan sangat ramai karena banyak orang keluar maupun masuk ke pulau ini. Lalu selain menjadi pintu keluar/masuk, apa saja yang dapat kita lakukan jika mempunyai waktu dua hari satu malam di Pulau ini? Berikut merupakan pendapat pribadi saya.

Belanja

Walaupun tempat perbelanjaan di pulau ini tidak semegah pusat perbelanjaan di ibukota, tetapi Pulau Batam menyimpan banyak tempat menarik untuk berbelanja bagi yang memang suka untuk belanja. Setiap lokasi mempunyai spesialisasi tersendiri, misalnya saja jika teman-teman mencari handphone beserta aksesorisnya pergi saja ke Lucky Plaza, disana sederetan toko yang menjual handphone jauh lebih murah dibandingkan daerah lain di Indonesia berjejer berdampingan. Mau tahu langganan saya? Boleh lah saya di japri :p

Jika teman-teman mencari tas/baju/sepatu/oleh-oleh maka dapat pergi ke Nagoya Hill karena disana terdapat banyak sekali pilihannya atau jika hobi berbelanja barang secondhand atau barang-barang antik dapat mengunjungi Pasar Aviari di Batuaji.

Seafood

Sebagai daerah yang dimana-mana berbatasan dengan pantai, tidak heran Batam juga terkenal dengan makanan lautnya. Dimana-mana berjamur tempat makanan laut. Namun favorite saya adalah tempat wisata kuliner di daerah Tanjung Piayu Laut, selain banyaknya pilihan dan relatif lebih murah, tempat makan yang ada di Tanjung Piayu juga menyajikan fresh seafood dan kita dapat memilih sendiri seafood segar yang masih hidup sebelum dimasak dan disajikan kepada kita. Pemandangan yang disajikan di tiap-tiap restauran-pun sangat memanjakan mata karena semua restauran terletak langsung di pinggir pantai.

Pantai

Walaupun menurut saya pribadi pantai-pantai di Batam tidak seindah tetangganya, Bintan, namun jika berkunjung ke Batam dan ingin menikmati Pantainya, teman-teman dapat mengunjungi pantai-pantai yang terletak setelah Jembatan Barelang menuju Pulau Rempang dan Pulau Galang.

Pulau Rempang dan Pulau Galang terletak persis bersebelahan dengan Pulau Batam dan ketiganya dihubungkan dengan Jembatan Barelang yang juga merupakan singkatan dari Batam-Rempang-Galang. Pantai-Pantai yang terletak setelah menyebrangi Jembatan Barelang  relatif lebih sepi dan bersih dibandingkan dengan pantai-pantai yang ada di Pulau Batam. Jika mempunyai waktu lebih dari sehari kita dapat juga mengunjungi Pulau Abang untuk snorkeling dan melakukan Island Hopping ke pulau-pulau kecil yang ada di sekitar Pulau Batam.

Wisata Sejarah

Tertarik dengan sejarah dan ingin mengunjungi peninggalan-peninggalan masa lampau? Kita dapat menuju Kampung Vietnam. Kampung Vietnam terletak sekitar kurang lebih 50 KM dari pusat kota. Lokasi ini berdiri seluas kurang lebih 80 hektar dan dulu dihuni oleh para pengungsi Vietnam yang kabur dari negaranya akibat adanya perang saudara. Banyak terdapat camp-camp warga, museum, tempat ibadah dan juga penjara yang berdiri di lokasi yang oleh warga sekarang dinamakan kampung Vietnam. Lokasi yang saat ini tidak berpenghuni itu juga menghembuskan banyak cerita-cerita yang cukup angker. Perlu diketahui bahwa tidak ada angkutan umum yang menjangkau lokasi ini, maka jika kamu berniat untuk mengunjunginya, menyewa kendaraan pribadi ataupun booking transportasi sendiri menjadi alternatif yang harus dilakukan.

Tentunya masih banyak yang dapat dilakukan di Batam dan sekitarnya, namun jika kamu hanya punya waktu dua hari satu malam di Batam, pilihan di atas dapat kamu masukan ke dalam itinerary. Semoga bermanfaat 🙂

-Rie-

Related posts

Leave a Comment